JR 東日本のファステック360(JR EAST FASTECH 360)
ASAHI.COM : 次世代新幹線「ファステック」内部を初公開
DIUMUMKANNYA KERETA JEPANG SHINKASEN GENERASI BARU “FASTECH” |
|
(1 Maret 2006 12:34)
Kereta Shinkansen lambat-laun memperlihatkan wujud generasi baru berikutnya. Japan East Railways(JR Higashi Nihon) hari ini tanggal 1 Maret telah mengumumkan kepada pers dari berbagai mas-media tentang informasi intern kereta baru “Fastech 360 S ” pada acara operasi pengujian kereta tersebut. Kereta ini dibuat untuk maksud meraih kecepatan |
Kereta JR East “Fastech 360S” yang dimum-kan kepada masmedia. Lokasi JR Stasiun Sendai, 1 Maret pkl 1:38 |
tempuh tertinggi di dunia, yang berkecepatan maksimum 360 km/jam. Dan kereta ini adalah hasil upaya JR East untuk meningkatkan mutu pelayanannya kepada penumpang dengan menghadirkan kualitas ketenangan laju dan kekuatan rem (power brake). Lalu Kereta “Tipe N 700” milik Japan Central Railway (JR Tokai) dan Japan West Railway(JR Nishi Nihon) yang berkecepatan maksimal 300km/jam juga sedang berusaha maju perlahan-lahan dalam persiapan untuk pemunculannya tahun depan.
Hari ini setelah 12 menit kereta Fastech 360 S meninggalkan Stasiun Sendai dengan kecepatan 360 km/jam saat itu diketahui bahwa suara berisik yang terdengar dari dalam kereta perlahan-lahan semakin membesar, tetapi tidak sampai pada taraf tidak enak didengar. Kepala Departemen |
|
Technical Planning JR East Takashi Endo mengatakan bahwa “dalam usaha meraih target meminimalkan lekingan suara kereta ini sudah kami sejajarkan segi ketenangannya dengan kereta Hayate yang berkecepatan lebih rendah (275km/jam) ”. Dalam hal merealisasikan pengoperasian kereta berkecepatan 360 km/jam ini yang paling menjadi permasalahan adalah “lekingan |
JR Central dan JR West melanjutkan uji ken-dara Shinkansen “Tipe N700” untuk me-nyambut dimulainya pengoperasian angkut penumpang dalam tahun 2007 |
suaranya” Kereta Fastech ini tanggal 1 Maret dinihari telah melakukan uji perjalanan(kendara) pulang pergi dengan jalur operasi Tohoku Shinkansen(jalur shinkansen utara Jepang) Sendai-Kitakamima (120 km). Kereta tersebut telah dirampungkan pembuatannya tahun lalu. Selama masa uji operasi (kendara) dilakukan sampai sekarang ini kereta tersebut telah menempuh perjalanan sejauh 30 ribu kilometer. Pada bulan Agustus kereta ini telah mencatat kecepatan maksimum 398 kilometer/jam. |
|
Satu penyebab munculnya lekingan suara adalah Pantograf. Ketika sedang berjalan melesat di atas rel terjadi persentuhan dan pemisahan dari linemen, disaat terjadi proses persentuhan dan pemisahan kembali dari linemen itulah muncul suara lekingan tersebut.
Atas dasar itulah JR East telah menyelipkan pelejang (per) dan membagi secara rinci plat pantograf, dengan cara tersebut dapat |
Para teknisi JR East sedang mengontrol ber-bagai alat ukur untuk pengujian kereta yang berkecepatan melebihi 360km . Sendai-Kitakamima 1Maret pkl 00::27 |
mencegah terjadinya pemisahan dari linemen. Dan pada bagian dalam kereta antara bodi dengan ruang penumpang telah dibuat konstruksi dua lapis,dengan cara tersebut dapat meredamkan suara leking,dan getaran karoseri kereta secara langsung tidak menimbulkan gaungan sampai ke ruang penumpang. Satu hal lagi yang dicapai oleh kereta ini adalah adanya peningkatan dari segi kualitas atau kemampuan kerja brake (rem). Kereta ini mampu memprediksi (memperhitungkan) terjadinya gempa bumi dan lain-lain, dan sebagaimana juga kereta “Shinkansen Hayate” kereta ini dengan kecepatanya 360km/jam –pun ditargetkan mampu berhenti dalam jarak kurang dari 4000 meter. Untuk itu kereta ini sebagai shinkansen merupakan kereta api pertama yang dilengkapi dengan sistem penambah tekanan udara atau yang dikenal dengan sebutan ” Device for Increasing the Air Resistance ”. Saat pedal brake ditekan pada bagaian atas permukaan atap muncul pelat berbentuk setengah lingkaran
berbentuk telinga kucing. Katanya dengan membesarnya daya penahan udara itu diharapkan dapat memberikan manfaat mempersingkat(memperpendek) 500 meter jarak penghentian. Pada akhir bulan Maret ini Shinkansen berukuran kecil untuk jalur Yamagata – Akita yang diberi nama “Fastech 360Z” juga akan dirampungkan pembuatannya. JR East (JR Higashi Nihon) sampai dengan musim semi tahun 2008 akan melanjutkan uji kendara seperti dengan cara penggandengan 2 tipe kereta, uji perselisihan jalan dan sebagainya. Sasaran yang dituju adalah untuk merealisasikan pengoperasian kereta Tohoku Shinkansen di tahun 2011, yang akan diperpanjang jarak dan waktu pengoperasiannya.
Sementara itu kereta Shinkansen Tipe N700 yang sedang dikembangkan JR Central dan JR West direncanakan akan mulai dioperasikan selangkah lebih cepat pada pertengahan tahun depan (2007). Sejak bulan Maret tahun lalu kereta tersebut sudah masuk pada tahap uji kendara 1 gerbong , dengan jarak perjalanan 500 ribu kilometer. Dalam tempo 1 tahun terhitung mulai musim semi tahun ini akan dikonfirmasikan data-data tentang daya tahan bodi dan bogi (bagian roda) dengan cara uji operasi(kendara) lanjutan sejauh 500 ribu kilometer. Bagi jalur Tokaido (JR Central) Shinkansen yang terdapat banyak tikungan serta adanya faktor struktur rel yang ada, maka kereta tersebut hanya dapat menempuh kecepatan maksimal 270 km/jam saja, sedangkan kereta Sanyo Shinkansen yang melewati jalur itu berjalan dengan kecepatan paling tinggi, yakni 300km/jam . Kecepatan tertingginya memang tidak melebihi Fastech, namun kereta itu menggunakan sistem inklinasi bodi yang dapat mengarungi jalan tikungan tanpa mengurangi kecepatan, untuk perjalanan Tokyo-Shin Osaka dapat ditempuh 5 menit lebih cepat dari sebelumnya, yakni dalam waktu 2 jam 25 menit. JR Central dan West telah mulai masuk pada usaha-usaha untuk menyelesaikan tahap akhir pengembangan tempat duduk (seat) yang memprioritaskan kenyamanan duduk penumpang. “ Mohon jangan memperlakukan kami sama dengan Fastech “ tegas Penanggung-jawab JR Central sambil menunjukkan semangat persaingannya. Satu lagi ciri khas kami adalah hemat energi. Lalu untuk menghilangkan ketidak-rataan antara gerbong satu dengan lainnya mereka melapisi sheet serta penahan tekanan udara. Shinkansen “Tipe 700 “ yang sedang beroperasi merupakan Shinkansen paling hemat energi (dengan kecepatan maksimal 285km/km). Daripada Shinkansen Tipe 700 ini Shinkansen Tipe N700 diprediksikan mampu menghemat penggunaan energi listrik sebanyak 10%. Volume penggunaan listrik pada saat uji kendara jauh lebih hemat daripada yang diperhitungkan sebelumnya. "Oh!, rupanya kami telah salah perhitungan" kata seorang penanggung-jawab dengan gembira. (Indonesian Translation Copyright by: Prasasti/ES). |
Sumber dari Asahi.com
ASAHI.COM : 次世代新幹線「ファステック」内部を初公開
JR-EAST: Press Release > FASTECH 360 High-Speed Shinkansen Test Train to Debut