Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Pdf-Hai-Hai sahabat pencari info lowongan! Mimin harap semangat terus ya saat mencari info lowongan yang diinginkan. Nah, artikel ini penulis berkeinginan ngobrol santai soal topik yang pasti hype banget buat sohib semua: metode kirim file lamaran kerja melewati surel. Udah nggak zaman lagi nih ngirimin lamaran pakai amplop dan perangko. Kini eranya serba komputerisasi, jadi sobat juga mesti pinter-pinter memakai teknologi buat ngirimin surat kerja.
Melainkan jangan kliru, mengirimkan lamaran melewati surel itu ada tatacara lho. Banyak yang masih keder gimana sistem biar file lamaran kalian dibaca sama HR, bukan bahkan nyasar menuju ke folder spam. Oleh karena itu, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Pdf

 

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja PDF


Tatacara Sebelum kirim dokumen Lamaran
Sebelum akses notebook dan mulai nulis e-mail, ada sebagian hal yang wajib sohib siapin dahulu nih:


1. Proposal yang Mesti Disiapkan:
- Pastikan member udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang rapi (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran pekerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Alamat pendorong (jikalau ada)


2. Scan File dengan Formal
- Nah, segala proposal tadi wajib di-scan dengan formal. Usahakan akibatnya terang dan nggak buram.
- Simpan dalam wujud PDF atau JPEG, mengikuti permintaan pabrik.
- Tip: Save dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel bila berharap apply ke daerah lain.


3. Surat Figur yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surel sobat udah look profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari pemakaian surel zaman puber kayak "donicowokwoww123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirimin Email
- Poskan lamaran saat jam kerja, sekitar pukul 09.00 - 13.00
- Pastiin juga loker yang kita dicita-citakan masih ada.


 
Tutorial Mengirimkan Lamaran melalui Surat


Figur
Oke, sekarang kau masuk ke point serunya nih. Ini langkah-langkah kirimkan lamaran yang sesuai:


1. Masuk ke Akun Elektronik
- Signin mozilla, akses ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang kita pake).
- Masukkan nama akun dan kata sandi. Pastiin tak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari tombol buat bikin e-mail baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surel Perusahaan
- Double check alamat di surat elektroniknya. Jika keliru satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Email
- Ideal: "Lamaran Kerja - Kasir - Andinda Dwi Yati"
- Ikutin wujud yang dipinta perusahaan ya.


5. Tulis Isi E-mail (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis file lamaran segera di body surel.
- Jangan over panjang, yang penting padat dan menarik.


6. Upload Proposal
- Klik gambar 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih proposal yang udah kalian siapin tadi.
- Dipastikan ukuran totalnya nggak nglibihin dari 2 MB ya.


7. Cek Lagi Semuanya
- Baca ulang isi e-mailnya, cek typo.
- Dipastikan segala file udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar surat dibaca sama personalia!


 
Figur isi Lamaran Kerja


Nah, supaya makin jelas, nih gue kasih figur isi e-mail lamaran kerjaan yang bisa kalian contek (namun disesuaikan ya!):


Daerah
Yth.
Bapak/Ibu kepala recruitment PT ....
di Lokasi


Dengan hormat,
Bersama dengan berita loker yang aku baca melewati Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 12 Mei 2021, dengan ini aku:


Pendidikan: Agus Sastro
Lokasi & Tgl. Lahir: Surabaya, 11 Juni 1995
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Mawar, Dusun Cikal Bakal, Desa Karang Ampal, Kec. Ruma, Kab. Karang Rejo
No. HP: [Nomor HP]


Berniat untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Saya mempunyai pengalaman kerja di posisi teknologi selama 5 tahun dan merajai beragam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta ada kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku kirimkan dokumen berikut:
1. Skor Foto Sertifikat
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penunjang
6. Scan Domisili Saya
7. Scan Alamat TOEFL


Saya ingin Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih terperinci mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.
Hormat aku,
Yani Amanda

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Namun Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Kalau Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Sering bantu temen atau keluarga buat baca juga apabila perlu.


5. Follow Up
- Sepatutnya udah seminggu belum ada berita, nggak papa kok kirim e-mail follow up yang sopan.

 


Domisili yang Elektronik Terjadi (Dan Apabila Dihindari!)


1. Typo di E-mail Figur Perusahaan
- Ini nih yang paling sering kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Sepatutnya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surel.


3. Subjek Model yang Nggak Contoh
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Mesti ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melewati surel yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin detil-rinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malah ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu yakni peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari berita lowongan dari beragam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran seketika atau melewati laman mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Pdf tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Surat Lamaran Kerja Security-Apa kabar member pencari pekerjaan! Admin selalu berdoa selalu termotivasi ya saat mencari lapangan kerja yang diinginkan. Nah, malam ini aku berharap ngobrol santai mengenai topik yang gw rasa hype banget buat kawan semua: step bu step kirim berkas lamaran kerjaan melalui surat elektronik. Udah nggak waktunya lagi nih ngirimin lamaran pakai amplop dan perangko. Sekarang ini eranya serba canggih, jadi member juga sepatutnya pinter-pinter memakai teknologi buat ngirimin surat pekerjaan.


Tetapi jangan salah tafsir, mengirimkan lamaran via e-mail itu ada sistem lho. Banyak yang masih keder gimana step bu step biar file lamaran kalian dibaca sama HR, bukan malahan nyasar nyangsang ke email spam. Itu dia, yuk kita bahas kiat cermatnya!

 


Surat Lamaran Kerja Security


Metode Sebelum ngelamar Lamaran
Sebelum login komputer jinjing dan mulai ngetik surat elektronik, ada sebagian hal yang seharusnya sobat siapin dahulu nih:


1. Proposal yang Semestinya Disiapkan:
- Pastikan sohib udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang bagus (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran kerja
- CV
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Alamat penyokong (bila ada)


2. Scan Berkas dengan Formal
- Nah, segala file tadi seharusnya di-scan dengan mantap. Usahakan alhasil terang dan nggak buram.
- Simpan dalam wujud PDF atau JPEG, ikuti permintaan perusahaan.
- Tip: Simpan dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel apabila berharap apply ke daerah lain.


3. Email Contoh yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surel sohib udah terlihat profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari gunakan surel zaman SMA kayak "antoncowokwoww123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirim E-mail
- Pengiriman lamaran ketika jam kerja, sekitar pukul 08.00 - 12.00
- Dipastikan juga posisi yang sobat diinginkan masih dibuka.


 
Tatacara Ngirimin Lamaran lewat Email


Contoh
Oke, kini sohib masuk ke bagian yang serunya nih. Ini tatacara mengirimkan lamaran yang terbaik:


1. Login ke Akun Elektronik
- Login chrome, masuk ke gmail.com (atau layanan surat elektronik lain yang kita pake).
- Masukkan nama akun dan kata sandi. Pastiin ndak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari tanda buat bikin surat elektronik baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi E-mail Perusahaan
- Double check domisili surelnya. Jangan keliru satu huruf atau angka, nanti surel nyasar!


4. Tulis Subjek E-mail
- Pas: "Lamaran Pekerjaan - Manager - Andinda Dwi Yati"
- Ikutin wujud yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surat (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis proposal lamaran segera di body surat elektronik.
- Jangan terlalu panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Upload File
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih file yang udah sohib siapin tadi.
- Dipastikan ukuran finalnya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Kembali Semuanya
- Baca kembali isi surat elektroniknya, cek typo.
- Pastiin segala lampiran udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik tanda 'Kirim' dan selalu berdoa agar lamaranmu dibaca sama recruitment!


 
Figur isi Lamaran Pekerjaan


Nah, supaya makin faham, nih gue kasih figur isi surel lamaran kerjaan yang bisa kita contek (tetapi disesuaikan ya!):


Daerah
Yth.
Bapak/Ibu kepala personalia PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Bersama dengan informasi lowongan kerja yang aku baca lewat FB Recruitment PT ....... pada tanggal 12 Januari 2022, dengan ini aku:


Pendidikan: Yani Amanda
Tempat & Tgl. Lahir: Cirebon, 2 Mei 1992
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Melati, Dusun monreyu, Desa Karang Ampal, Kec. gundi, Kab. Surabaya
No. HP: [Nomor HP]


Berniat untuk mengajukan lamaran sebagai Staff di PT.......
Aku memiliki pengalaman kerja di jabatan keuangan selama 8 tahun dan merajai beragam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku berikan dokumen berikut:
1. Skor Foto Sertifikat
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pendukung
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Alamat TOEFL


Saya ingin Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa menerangkan lebih rinci mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.
Hormat aku,
Andi Syahputra

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Tetapi Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.
2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang pantas sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.
3. Jikalau Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.
4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Jarang bantu temen atau keluarga buat baca juga bila perlu.
5. Follow Up
- Wajib udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim surat elektronik follow up yang sopan.

 


Domisili yang Elektronik Terjadi (Dan Jikalau Dihindari!)


1. Typo di Email Model Perusahaan
- Ini nih yang paling kerap bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Mesti file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.
3. Subjek Model yang Nggak Figur
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau pun kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang E-mail
- "Dear Hiring Manager " atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau pun nggak pake sapaan sama sekali.
5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Wajib ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja via surel yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin rinci-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau pun ribuan pelamar lainnya.
Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu ialah peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari informasi lowongan dari bermacam-macam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran seketika atau via laman mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Surat Lamaran Kerja Security tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan asa. Aamiin!

Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja-Selamat siang sahabat pencari lapangan kerja! Semoga tak menyerah ya sewaktu mencari profesi yang diinginkan. Nah, kali ini admin berharap ngobrol santai perihal topik yang mungkin urgent banget buat kalian semua: sistem kirim proposal lamaran kerjaan melalui e-mail. Udah nggak masanya lagi nih kirimkan lamaran gunakan amplop dan perangko. Saat ini eranya serba canggih, jadi sohib juga wajib pinter-pinter menggunakan teknologi buat mengirimkan file pekerjaan.


Namun jangan salah tafsir, ngirimin proposal melewati e-mail itu ada tatacara lho. Banyak yang masih linglung gimana tatacara biar surat lamaran kawan dibaca sama personalia, bukan pun nyasar nyampai ke email spam. Itu sebabnya, yuk kita bahas kiat akuratnya!

Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja

 


Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja


Tatacara Sebelum ngirimin surat Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai nulis surel, ada sebagian hal yang patut kita siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Sepatutnya Disiapkan:
- Dipastikan member udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang mantap (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran kerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Domisili penunjang (sekiranya ada)


2. Scan Dokumen dengan Formal
- Nah, seluruh file tadi wajib di-scan dengan rapi. Usahakan akibatnya terang dan nggak buram.
- Save dalam bentuk PDF atau JPEG, nurut permintaan perusahaan.
- Tip: Simpan dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel sekiranya berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Email Contoh yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili e-mail sobat udah nampak profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari penggunaan surat elektronik zaman puber kayak "antoncowokganteng123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirim Surel
- Kirim lamaran di jam kerja, kira-kira pukul 08.00 - 12.00
- Dipastikan juga lowongan yang sohib diinginkan masih open.


 
Step by Step Kirimkan Lamaran melalui Elektronik


Model
Oke, saatnya kalian masuk ke point serunya nih. Ini caranya kirimkan lamaran yang bener:


1. Masuk ke Akun Email
- Masuk aplikasi, masuk ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang sobat pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata kunci. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari gambar buat bikin surat elektronik baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Email Perusahaan
- Double check domisili e-mailnya. Jangan salah satu huruf atau angka, nanti surat elektronik nyasar!


4. Tulis Subjek Surat
- Tepat: "Lamaran Pekerjaan - Customer Service Representative - Saraah Manani"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surel (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis dokumen lamaran lantas di body surat elektronik.
- Jangan terlalu panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Upload Proposal
- Klik icon 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih proposal yang udah kawan siapin tadi.
- Cek Lagi ukuran finalnya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Betul Semuanya
- Baca kembali isi e-mailnya, cek typo.
- Pastiin segala dokumen udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar file dibaca sama H-R!


 
Model isi Lamaran Kerjaan


Nah, biar makin mudeng, nih gue kasih figur isi e-mail lamaran pekerjaan yang dapat sohib contek (tetapi disesuaikan ya!):


Tempat
Yth.
Bapak/Ibu kepala recruitment PT ....
di Daerah


Dengan hormat,
Bersama dengan berita loker yang aku baca via Surat Kabar Recruitment PT ....... pada tanggal 5 Mei 2022, dengan ini aku:


Pengajaran: Susilo
Lokasi & Tgl. Lahir: Madiun, 5 Maret 1991
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Pendawa, Dusun mindu, Desa Sukmo Jati, Kec. lakani, Kab. Madiun
No. HP: [Nomor HP]


Bertujuan untuk mengajukan lamaran sebagai Staff di PT.......
Aku memiliki pengalaman kerja di posisi manager selama 4 tahun dan merajai beragam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta mempunyai kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan penilaian, aku kirimkan dokumen berikut:
1. Nilai Foto Akta
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penyokong
6. Scan Alamat Saya
7. Scan Alamat TOEFL


Saya berkeinginan Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih rinci mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.
Hormat aku,
Susilo

 

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Namun Makin Kece

 


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang pantas sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Jika Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Tetapi jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Sering bantu temen atau keluarga buat baca juga seandainya perlu.


5. Follow Up
- Wajib udah seminggu belum ada berita, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 


Alamat yang Surat Terjadi (Dan Jika Dihindari!)


1. Typo di Elektronik Figur Perusahaan
- Ini nih yang paling sering kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Harus file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surel.


3. Subjek Contoh yang Nggak Contoh
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau malahan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Harus ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja via e-mail yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin rinci-terperinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu yaitu peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari isu lowongan dari berjenis-jenis sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran segera atau via situs mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan asa. Aamiin!

Cara Bikin Pdf Lamaran Kerja-Hai member pencari info lowongan! Mimin harap semangat terus ya ketika mencari pekerjaan yang sesuai. Nah, pagi ini admin berharap ngobrol santai bahas topik yang gw rasa hype banget buat sobat semua: tutorial kirim file lamaran pekerjaan melalui surel. Udah nggak timingnya lagi nih kirimkan lamaran pakai amplop dan perangko. Sekarang ini eranya serba canggih, jadi kalian juga semestinya pinter-pinter mengolah teknologi buat mengirimkan file kerja.
Tetapi jangan kliru, kirim berkas via surel itu ada step bu step lho. Banyak yang masih kebingungan gimana tatacara biar file lamaran member dibaca sama Recruitmrnt, bukan malahan nyasar menuju ke email spam. Itu sebabnya, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Cara Bikin Pdf Lamaran Kerja


Sistem Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum login komputer jinjing dan mulai ngetik e-mail, ada sebagian hal yang wajib kau siapin dahulu nih:


1. Berkas yang Harus Disiapkan:
- Pastiin kalian udah nyiapin semua berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang rapi (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran pekerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Alamat pendorong (jikalau ada)


2. Scan File dengan Mantap
- Nah, seluruh dokumen tadi wajib di-scan dengan mantap. Usahakan kesudahannya terang dan nggak buram.
- Simpan dalam bentuk PDF atau JPEG, nurut permintaan pabrik.
- Tip: Simpan dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel sekiranya ingin apply ke daerah lain.


3. E-mail Teladan yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili e-mail kawan udah nampak profesional belum?
- Nama Ideal yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari pemakaian surel zaman SMA kayak "andrecowokganteng123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Pengiriman Elektronik
- Dikirimkan lamaran ketika jam kerja, sekitar pukul 09.00 - 12.00
- Dipastikan juga lowongan yang member sesuai masih open.


 
Caranya Kirim Lamaran melalui Elektronik


Contoh
Oke, sekarang sobat masuk ke bagian yang serunya nih. Ini sistem kirim lamaran yang sesuai:


1. Signin ke Akun Surel
- Signin mozilla, akses ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang kita pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata sandi. Pastiin tak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin e-mail baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Elektronik Perusahaan
- Double check tujuan e-mailnya. Jangan salah satu huruf atau angka, nanti surat elektronik nyasar!


4. Tulis Subjek Surat
- Ideal: "Lamaran Kerja - Kasir - Dini Aminah"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi E-mail (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis file lamaran segera di body surel.
- Jangan sangat panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Sisipkan Proposal
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih dokumen yang udah sobat siapin tadi.
- Pastiin ukuran semuanya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Betul Semuanya
- Baca ulang isi surelnya, cek typo.
- Cek Lagi seluruh surat udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik tombol 'Kirim' dan selalu berdoa agar proposal dibaca sama H-R!


 
Figur isi Lamaran Pekerjaan


Nah, biar makin jelas, nih gue kasih model isi surel lamaran kerja yang bisa kita contek (namun disesuaikan ya!):


Lokasi
Yth.
Bapak/Ibu kepala HRD PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Sehubungan dengan berita lowongan kerja yang aku baca via Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 2 Maret 2020, dengan ini aku:


Pengajaran: Susilo
Daerah & Tgl. Lahir: Surabaya, 4 Juni 1992
Email: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Mawar, Dusun monreyu, Desa Karang Rejo, Kec. gundi, Kab. Semarang
No. HP: [Nomor HP]


Berniat untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Saya memiliki pengalaman kerja di jabatan manager selama 6 tahun dan merajai beragam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta ada kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku cantumkan file berikut:
1. Poin Foto Akta
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pendorong
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Alamat TOEFL


Saya berkeinginan Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih mendetail mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.
Hormat aku,
Yani Amanda

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Melainkan Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.


3. Jika Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Sering bantu temen atau keluarga buat baca juga jika perlu.


5. Follow Up
- Mesti udah seminggu belum ada info, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 


Alamat yang Surat Terjadi (Dan Bila Dihindari!)


1. Typo di Surat Model Perusahaan
- Ini nih yang paling sering kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Seharusnya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surel.


3. Subjek Figur yang Nggak Model
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau malahan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Surel
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Sepatutnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja melalui surel yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin rinci-mendetail kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau pun ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu yaitu peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari berita lowongan dari bermacam-macam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran segera atau melalui laman mereka sendiri.


Semoga kiat-kiat Cara Bikin Pdf Lamaran Kerja tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan asa. Aamiin!

Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan-Gimana kabarnya sobat pencari pekerjaan! Admin selalu berdoa selalu termotivasi ya saat mencari informasi loker yang sesuai. Nah, artikel ini aku ingin ngobrol santai bahas topik yang jelas hype banget buat kalian semua: sistem kirim proposal lamaran pekerjaan melewati surel. Udah nggak masanya lagi nih ngirimin lamaran gunakan amplop dan perangko. Sekarang ini eranya serba modern, jadi kita juga mesti pinter-pinter memakai teknologi buat kirim dokumen pekerjaan.


Tetapi jangan kliru, ngirimin surat via e-mail itu ada metode lho. Banyak yang masih linglung gimana caranya biar surat lamaran sobat dibaca sama HRD, bukan bahkan nyasar menuju ke email spam. Itu dia, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

 

Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan


Langkah-Langkah Sebelum ngelamar Lamaran


Sebelum akses komputer jinjing dan mulai merangkai surel, ada sebagian hal yang harus kita siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Patut Disiapkan:
- Dipastikan kalian udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang bagus (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran kerja
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Domisili penunjang (bila ada)


2. Scan Proposal dengan Rapi
- Nah, seluruh proposal tadi mesti di-scan dengan formal. Usahakan akhirnya terang dan nggak buram.
- Save dalam wujud PDF atau JPEG, nurut permintaan perusahaan.
- Tip: Simpan dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel jikalau berharap apply ke daerah lain.


3. Elektronik Contoh yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surel kalian udah nampak profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari gunakan surat elektronik zaman SMA kayak "antoncowokgood123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirimin Email
- Poskan lamaran waktu jam kerja, kira-kira pukul 10.00 - 14.00
- Pastiin juga lowongan yang kawan dicita-citakan masih ada.


 
Step by Step Mengirimkan Lamaran melalui Elektronik


Figur
Oke, saatnya kawan masuk ke bagian yang serunya nih. Ini step bu step ngirimin lamaran yang terbaik:


1. Login ke Akun Surat
- Masuk browser, masuk ke gmail.com (atau layanan surel lain yang member pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata kunci. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari gambar buat bikin e-mail baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.

 

3. Isi Surat Perusahaan
- Double check alamat di e-mailnya. Sampai keliru satu huruf atau angka, nanti surat elektronik nyasar!


4. Tulis Subjek Elektronik
- Pas: "Lamaran Kerja - Manager - Dini Aminah"
- Ikutin wujud yang dipinta perusahaan ya.


5. Tulis Isi Email (Body)
- Ini komponen pentingnya! Tulis surat lamaran segera di body surat elektronik.
- Jangan terlalu panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Upload Surat
- Klik tombol 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih proposal yang udah sobat siapin tadi.
- Dipastikan ukuran totalnya nggak melebihin dari 2 MB ya.


7. Cek Balik Semuanya
- Baca ulang isi surat elektroniknya, cek typo.
- Pastiin seluruh lampiran udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik tanda 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar file dibaca sama personalia!


 
Model isi Lamaran Pekerjaan


Nah, supaya makin mudeng, nih gue kasih teladan isi surat elektronik lamaran kerja yang bisa member contek (melainkan disesuaikan ya!):

 


Tempat
Yth.
Bapak/Ibu kepala HRD PT ....
di Daerah


Dengan hormat,
Sehubungan dengan berita lowongan kerja yang aku baca melewati FB Recruitment PT ....... pada tanggal 11 Februari 2023, dengan ini aku:


Pengajaran: Andi Syahputra
Tempat & Tgl. Lahir: Malang, 4 Juni 1994
E-mail: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Mawar, Dusun Cimangkai, Desa Sari Anom, Kec. lakani, Kab. Cirebon
No. HP: [Nomor HP]


Bermaksud untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Saya mempunyai pengalaman kerja di posisi keuangan selama 7 tahun dan merajai bermacam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan penilaian, aku berikan file berikut:
1. Poin Foto Sertifikat
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pensupport
6. Scan Alamat Saya
7. Scan Alamat TOEFL


Saya berkeinginan Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih rinci mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.
Hormat aku,
Susilo

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Melainkan Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.


3. Apabila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Tetapi jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kerap bantu temen atau keluarga buat baca juga apabila perlu.


5. Follow Up
- Semestinya udah seminggu belum ada informasi, nggak papa kok kirim e-mail follow up yang sopan.

 


Alamat yang Surel Terjadi (Dan Bila Dihindari!)


1. Typo di Surel Teladan Perusahaan
- Ini nih yang paling tak jarang bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Seharusnya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.


3. Subjek Contoh yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau pun kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Surat
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau pun nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Sepatutnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja melewati e-mail yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau pun ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu ialah kans buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari informasi lowongan dari beragam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran lantas atau melalui web mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan asa. Aamiin!

Cara Membuat Email Lamaran Kerja-Selamat malam member pencari informasi loker! Semoga tak menyerah ya dalam mencari kerja yang dicita-citakan. Nah, sekarang ini admin ingin ngobrol santai soal topik yang mungkin penting banget buat kalian semua: langkah-langkah kirim berkas lamaran kerja melalui surel. Udah nggak masanya lagi nih mengirimkan lamaran gunakan amplop dan perangko. Saat ini eranya serba milennial, jadi kawan juga mesti pinter-pinter memakai teknologi buat kirim dokumen pekerjaan.


Namun jangan kliru, mengirimkan file melalui surel itu ada tutorial lho. Banyak yang masih linglung gimana metode biar berkas lamaran kau dibaca sama Recruitmrnt, bukan bahkan nyasar nyangsang ke folder spam. Itu dia, yuk kita bahas kiat akuratnya!

 

Cara Membuat Email Lamaran Kerja


Cara Membuat Email Lamaran Kerja


Triknya Sebelum mengirimkan file Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai nulis e-mail, ada sebagian hal yang harus kau siapin dahulu nih:


1. Berkas yang Mesti Disiapkan:
- Dipastikan kita udah nyiapin semua berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang formal (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran kerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Alamat pendorong (jika ada)


2. Scan Dokumen dengan Formal
- Nah, segala proposal tadi wajib di-scan dengan bagus. Usahakan kesudahannya terang dan nggak buram.
- Simpan dalam bentuk PDF atau JPEG, mengikuti permintaan PT.
- Tip: Simpan dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel apabila ingin apply ke daerah lain.


3. E-mail Teladan yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik member udah terlihat profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari penggunaan surel zaman SMP kayak "antoncowokgood123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirimin Surat
- Poskan lamaran saat jam kerja, sekitaran pukul 08.00 - 12.00
- Pastikan juga posisi yang kau diinginkan masih dibuka.


 
Tatacara Kirim Lamaran melalui Surel


Contoh
Oke, waktunya kawan masuk ke point serunya nih. Ini tutorial ngirimin lamaran yang bener:


1. Signin ke Akun E-mail
- Daftar chrome, akses ke gmail.com (atau layanan surel lain yang kalian pake).
- Masukkan nama akun dan kata kunci. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari gambar buat bikin surel baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surat Perusahaan
- Double check alamat di surelnya. Jangan keliru satu huruf atau angka, nanti surat elektronik nyasar!


4. Tulis Subjek Email
- Tepat: "Lamaran Pekerjaan - Recepssisonist - Mulyanti"
- Ikutin bentuk yang dimau perusahaan ya.


5. Tulis Isi Email (Body)
- Ini point pentingnya! Tulis file lamaran lantas di body surel.
- Jangan sangat panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Upload File
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih file yang udah sohib siapin tadi.
- Cek Lagi ukuran semuanya nggak lebih dari 2 MB ya.


7. Cek Kembali Semuanya
- Baca balik isi surelnya, cek typo.
- Cek Lagi seluruh lampiran udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik tanda 'Kirim' dan jangan lupain berdoa agar lamaranmu dibaca sama H-R!


 
Figur isi Lamaran Kerjaan


Nah, supaya makin faham, nih gue kasih contoh isi surel lamaran kerja yang bisa member contek (tetapi disesuaikan ya!):


Lokasi
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Bersama dengan informasi loker yang aku baca melewati Kantor Pos Recruitment PT ....... pada tanggal 12 Juni 2020, dengan ini aku:


Pendidikan: Yani Amanda
Daerah & Tgl. Lahir: Cirebon, 5 April 1993
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Megah, Dusun mindu, Desa Sukmo Jati, Kec. gundi, Kab. Semarang
No. HP: [Nomor HP]


Memiliki maksud untuk mendaftar sebagai Staff di PT.......
Saya mempunyai pengalaman kerja di posisi administrasi selama 8 tahun dan merajai pelbagai aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta mempunyai kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan penilaian, aku kirimkan berkas berikut:
1. Nilai Foto Sertifikat
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penunjang
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Alamat TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa menerangkan lebih detil mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.
Hormat aku,
Agus Sastro

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Melainkan Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang sesuai sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.


3. Jika Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kali bantu temen atau keluarga buat baca juga jika perlu.


5. Follow Up
- Mesti udah seminggu belum ada informasi, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 


Domisili yang Email Terjadi (Dan Jika Dihindari!)


1. Typo di Email Figur Perusahaan
- Ini nih yang paling kerap kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Harus file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surel.


3. Subjek Model yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau pun kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Surel
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau pun nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Sepatutnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melewati surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau pun ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu yakni kans buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari isu lowongan dari bermacam-macam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran seketika atau via web mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Cara Membuat Email Lamaran Kerja tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar-Salam pencaker sohib pencari kerja! Admin selalu berdoa selalu termotivasi ya dalam mencari kerja yang dicita-citakan. Nah, artikel ini gue berharap

 

 

 

ngobrol santai dengan topik yang mungkin urgent banget buat sobat semua: tutorial kirim surat lamaran pekerjaan melewati surat elektronik. Udah nggak timingnya lagi nih kirim lamaran pakai amplop dan perangko. Kini eranya serba modern, jadi kalian juga wajib pinter-pinter menggunakan teknologi buat mengirimkan file kerja.


Melainkan jangan kliru, kirim surat via e-mail itu ada metode lho. Banyak yang masih linglung gimana tatacara biar proposal lamaran sobat dibaca sama HRD, bukan malahan nyasar nyangsang ke email spam. Oleh karena itu, yuk kita bahas kiat cermatnya!

 

 


Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

 


Persiapan Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum login komputer jinjing dan mulai nulis surat elektronik, ada sebagian hal yang harus kita siapin dahulu nih:


1. File yang Semestinya Disiapkan:
- Pastiin kawan udah nyiapin semua berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang bagus (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran kerjaan
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Alamat penunjang (jikalau ada)


2. Scan Dokumen dengan Mantap
- Nah, segala berkas tadi wajib di-scan dengan bagus. Usahakan akhirnya terang dan nggak buram.
- Save dalam bentuk PDF atau JPEG, nurut permintaan PT.
- Tip: Simpan dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel jika ingin apply ke daerah lain.


3. Elektronik Contoh yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili e-mail kawan udah look profesional belum?
- Nama Ideal yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari pemakaian surel zaman bocah kayak "donicowokwoww123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Poskan Email
- Kirimin lamaran di jam kerja, kira-kira pukul 09.00 - 15.00
- Pastiin juga lowongan yang kau dicita-citakan masih tersedia.


 
Metode Ngirimin Lamaran lewat E-mail


Figur
Oke, saatnya sobat masuk ke point serunya nih. Ini tatacara ngirimin lamaran yang sesuai:


1. Daftar ke Akun Elektronik
- Daftar aplikasi, masuk ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang member pake).
- Masukkan nama akun dan kata kunci. Pastiin ndak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin surat elektronik baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Elektronik Perusahaan
- Double check tujuan surelnya. Jika salah satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Elektronik
- Tepat: "Lamaran Pekerjaan - Manager - Dini Aminah"
- Ikutin bentuk yang dimau perusahaan ya.


5. Tulis Isi Elektronik (Body)
- Ini point pentingnya! Tulis surat lamaran seketika di body surel.
- Jangan over panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Lampirkan Proposal
- Klik tombol 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih dokumen yang udah kawan siapin tadi.
- Dipastikan ukuran totalnya nggak nglibihin dari 2 MB ya.


7. Cek Betul Semuanya
- Baca betul isi surat elektroniknya, cek typo.
- Dipastikan segala dokumen udah bener.
8. Kirim dan Berdoa
- Klik tombol 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar proposal dibaca sama personalia!


 
Teladan isi Lamaran Kerja


Nah, supaya makin mudeng, nih gue kasih contoh isi surat elektronik lamaran kerjaan yang bisa kita contek (melainkan disesuaikan ya!):


Tempat
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Daerah

 


Dengan hormat,
Sehubungan dengan kabar loker yang aku baca melewati Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 12 Maret 2021, dengan ini aku:


Pengajaran: Susilo
Tempat & Tgl. Lahir: Semarang, 3 Mei 1991
Surat: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Megah, Dusun Cimangkai, Desa Sari Anom, Kec. gundi, Kab. Malang
No. HP: [Nomor HP]


Berniat untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Saya ada pengalaman kerja di bidang teknologi selama 3 tahun dan merajai beraneka aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan pertimbangan, aku kirimkan berkas berikut:
1. Skor Foto Sertifikat
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penunjang
6. Scan Domisili Saya
7. Scan Domisili TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa menerangkan lebih rinci mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.
Hormat aku,
Rahmat Adi

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Tetapi Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.
2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.
3. Jikalau Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.
4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kerap bantu temen atau keluarga buat baca juga sekiranya perlu.
5. Follow Up
- Seharusnya udah seminggu belum ada info, nggak papa kok kirim surat elektronik follow up yang sopan.
Domisili yang Email Terjadi (Dan Seandainya Dihindari!)
1. Typo di E-mail Model Perusahaan
- Ini nih yang paling tak jarang bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Sepatutnya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surel.
3. Subjek Figur yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau pun nggak pake sapaan sama sekali.
5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Mesti ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melewati surel yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-rinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau pun ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu yakni kans buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari informasi lowongan dari bermacam-macam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran seketika atau via laman mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Cv Kerja Tulis Tangan-Selamat siang sahabat pencari lowongan! Mimin harap tak putus asa ya ketika mencari info lowongan yang dicita-citakan. Nah, sore ini aku berharap ngobrol santai bahas topik yang pasti good banget buat sohib semua: tutorial kirim berkas lamaran kerja melalui surel. Udah nggak zaman lagi nih mengirimkan lamaran gunakan amplop dan perangko. Saat ini eranya serba milennial, jadi kalian juga patut pinter-pinter menggunakan teknologi buat ngirimin surat kerjaan.
Namun jangan salah, kirimkan berkas melewati e-mail itu ada metode lho. Banyak yang masih keder gimana sistem biar proposal lamaran sohib dibaca sama HRD, bukan pun nyasar nyampai ke folder spam. Oleh karena itu, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Cv Kerja Tulis Tangan

 

Cv Kerja Tulis Tangan


Sistem Sebelum ngirimin surat Lamaran
Sebelum login notebook dan mulai ngetik surel, ada sebagian hal yang patut member siapin dahulu nih:


1. Berkas yang Harus Disiapkan:
- Pastiin member udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang formal (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran kerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Domisili penyokong (bila ada)


2. Scan Proposal dengan Formal
- Nah, segala dokumen tadi wajib di-scan dengan rapi. Usahakan walhasil terang dan nggak buram.
- Simpan dalam bentuk PDF atau JPEG, tergantung permintaan pabrik.
- Tip: Save dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel seandainya berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Surel Teladan yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili e-mail kau udah look profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari penggunaan surat elektronik zaman puber kayak "donicowokkece123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Dikirimkan E-mail
- Poskan lamaran saat jam kerja, sekitaran pukul 10.00 - 14.00
- Dipastikan juga kerjaan yang kawan diinginkan masih open.


 
Caranya Kirimkan Lamaran melewati E-mail


Figur
Oke, waktunya sohib masuk ke point serunya nih. Ini step bu step kirim lamaran yang terbaik:


1. Masuk ke Akun Surel
- Signin aplikasi, masuk ke gmail.com (atau layanan surat elektronik lain yang kita pake).
- Masukkan nama akun dan kata sandi. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin e-mail baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surel Perusahaan
- Double check domisili surelnya. Sampai keliru satu huruf atau angka, nanti surat elektronik nyasar!


4. Tulis Subjek Surat
- Ideal: "Lamaran Pekerjaan - Manager - Dini Aminah"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surel (Body)
- Ini point pentingnya! Tulis proposal lamaran lantas di body e-mail.
- Jangan over panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Lampirkan Dokumen
- Klik gambar 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih surat yang udah kawan siapin tadi.
- Pastiin ukuran totalnya nggak nglibihin dari 2 MB ya.


7. Cek Balik Semuanya
- Baca balik isi surelnya, cek typo.
- Pastiin segala proposal udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik gambar 'Kirim' dan jangan lupain berdoa agar surat dibaca sama HRD!


 
Model isi Lamaran Kerjaan

 


Nah, supaya makin terang, nih gue kasih contoh isi surat elektronik lamaran pekerjaan yang bisa sohib contek (namun disesuaikan ya!):

 


Daerah
Yth.
Bapak/Ibu kepala HRD PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Bersama dengan berita loker yang aku baca melewati Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 3 Januari 2023, dengan ini aku:


Pendidikan: Andi Syahputra
Tempat & Tgl. Lahir: Cirebon, 20 Februari 1996
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Megah, Dusun Cimangkai, Desa Sukmo Jati, Kec. lakani, Kab. Karang Rejo
No. HP: [Nomor HP]


Berniat untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Saya ada pengalaman kerja di bidang administrasi selama 4 tahun dan merajai berjenis-jenis aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta ada kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan pertimbangan, aku kirimkan berkas berikut:
1. Poin Foto Akta
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pendorong
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Domisili TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih mendetail mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Yani Amanda

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Tetapi Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Jika Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Sering bantu temen atau keluarga buat baca juga jika perlu.


5. Follow Up
- Harus udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 


Domisili yang Elektronik Terjadi (Dan Jikalau Dihindari!)


1. Typo di E-mail Figur Perusahaan
- Ini nih yang paling kerap kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Seharusnya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian e-mail.
3. Subjek Figur yang Nggak Contoh
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau malahan kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.
5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Semestinya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melalui surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin mendetail-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu merupakan peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari isu lowongan dari pelbagai sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran lantas atau melalui situs mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Cv Kerja Tulis Tangan tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Map Surat Lamaran Kerja-Salam pencaker sahabat pencari loker! Admin selalu berdoa tak putus asa ya saat mencari profesi yang dicita-citakan. Nah, liburan ini admin ingin ngobrol santai mengenai topik yang kayaknya hype banget buat kalian semua: metode kirim surat lamaran kerja melewati e-mail. Udah nggak zaman lagi nih kirim lamaran gunakan amplop dan perangko. Kini eranya serba milennial, jadi kita juga patut pinter-pinter memakai teknologi buat kirim dokumen pekerjaan.
Melainkan jangan salah tafsir, kirim proposal melewati e-mail itu ada langkah-langkah lho. Banyak yang masih linglung gimana sistem biar surat lamaran kau dibaca sama personalia, bukan pun nyasar menuju ke email spam. Oleh karena itu, yuk kita bahas tips akuratnya!

 

Map Surat Lamaran Kerja


Map Surat Lamaran Kerja


Langkah-Langkah Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai ngetik surat elektronik, ada sebagian hal yang harus kawan siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Sepatutnya Disiapkan:
- Dipastikan sobat udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang rapi (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran kerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Alamat pendorong (seandainya ada)


2. Scan Dokumen dengan Rapi
- Nah, segala proposal tadi mesti di-scan dengan bagus. Usahakan walhasil terang dan nggak buram.
- Save dalam bentuk PDF atau JPEG, mengikuti permintaan perusahaan.
- Tip: Save dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel bila ingin apply ke daerah lain.


3. Surel Figur yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik member udah terlihat profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari pemakaian surat elektronik zaman SMP kayak "andrecowokwoww123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Dikirimkan Surat
- Pengiriman lamaran saat jam kerja, kira-kira pukul 09.00 - 15.00
- Pastikan juga lowongan yang sohib diharapkan masih dibuka.


 
Tutorial Mengirimkan Lamaran melewati E-mail


Figur
Oke, kini member masuk ke point serunya nih. Ini metode ngirimin lamaran yang bener:


1. Masuk ke Akun Surel
- Masuk mozilla, masuk ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang sohib pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata kunci. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari gambar buat bikin surel baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surel Perusahaan
- Double check alamat di surelnya. Sampai salah satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek E-mail
- Ideal: "Lamaran Pekerjaan - Admin - Mulyanti"
- Ikutin bentuk yang dipinta perusahaan ya.


5. Tulis Isi E-mail (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis dokumen lamaran seketika di body e-mail.
- Jangan over panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Lampirkan Proposal
- Klik gambar 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih file yang udah sobat siapin tadi.
- Dipastikan ukuran totalnya nggak melebihin dari 2 MB ya.


7. Cek Ulang Semuanya
- Baca betul isi e-mailnya, cek typo.
- Pastiin seluruh lampiran udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik gambar 'Kirim' dan jangan lupain berdoa agar lampiran dibaca sama HRD!


 
Teladan isi Lamaran Kerjaan


Nah, biar makin mudeng, nih gue beri teladan isi e-mail lamaran kerjaan yang bisa member contek (melainkan disesuaikan ya!):

 


Tempat
Yth.
Bapak/Ibu kepala personalia PT ....
di Daerah
Dengan hormat,


Sehubungan dengan berita loker yang aku baca via Kantor Pos Recruitment PT ....... pada tanggal 20 Juni 2023, dengan ini aku:


Pendidikan: Agus Sastro
Tempat & Tgl. Lahir: Surabaya, 4 Juni 1993
Surel: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Melati, Dusun Cikal Bakal, Desa Karang Rejo, Kec. tarakan, Kab. Malang
No. HP: [Nomor HP]


Memiliki maksud untuk mengajukan lamaran sebagai Staff di PT.......
Aku memiliki pengalaman kerja di bidang teknik selama 3 tahun dan merajai beragam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta ada kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan penilaian, aku berikan berkas berikut:
1. Poin Foto Akta
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penunjang
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Domisili TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih terperinci mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Andi Syahputra

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Tapi Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Sekiranya Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Acap bantu temen atau keluarga buat baca juga jikalau perlu.


5. Follow Up
- Sepatutnya udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim e-mail follow up yang sopan.

 


Alamat yang Email Terjadi (Dan Kalau Dihindari!)


1. Typo di Surat Teladan Perusahaan
- Ini nih yang paling acap kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Mesti file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.
3. Subjek Teladan yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau pun kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau pun nggak pake sapaan sama sekali.
5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Patut ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melalui surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-mendetail kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malah ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu yakni peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari berita lowongan dari bermacam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran segera atau melewati situs mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Map Surat Lamaran Kerja tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan hasrat. Aamiin!

Buat Surat Lamaran Kerja Online Gratis-Salam semangat sohib pencari pekerjaan! Semoga selalu semangat ya sewaktu mencari loker yang diharapkan. Nah, malam ini aku berkeinginan ngobrol santai bahas topik yang mungkin urgent banget buat sohib semua: step bu step kirim file lamaran kerja melewati surat elektronik. Udah nggak waktunya lagi nih mengirimkan lamaran pakai amplop dan perangko. Saat ini eranya serba milennial, jadi member juga patut pinter-pinter gunain teknologi buat kirimkan proposal kerja.


Melainkan jangan kliru, mengirimkan surat via surat elektronik itu ada langkah-langkah lho. Banyak yang masih linglung gimana caranya biar file lamaran kalian dibaca sama HRD, bukan pun nyasar nyangsang ke email spam. Itu sebabnya, yuk kita bahas tips cermatnya!

 


Buat Surat Lamaran Kerja Online Gratis

 

 

Buat Surat Lamaran Kerja Online Gratis


Sistem Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum akses notebook dan mulai merangkai e-mail, ada sebagian hal yang sepatutnya kau siapin dahulu nih:


1. Proposal yang Mesti Disiapkan:
- Pastiin kau udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang bagus (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran pekerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Alamat pensupport (seandainya ada)


2. Scan Berkas dengan Bagus
- Nah, segala proposal tadi sepatutnya di-scan dengan formal. Usahakan kesudahannya terang dan nggak buram.
- Simpan dalam wujud PDF atau JPEG, nurut permintaan pabrik.
- Tip: Save dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel jikalau ingin apply ke daerah lain.


3. E-mail Teladan yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik sohib udah look profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari gunakan surat elektronik zaman SMA kayak "donicowokcool123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirim Surel
- Kirimin lamaran pada jam kerja, kira-kira pukul 09.00 - 13.00
- Pastikan juga loker yang kau didambakan masih dibuka.


 
Metode Ngirimin Lamaran melewati Surel


Contoh
Oke, sekarang kau masuk ke bagian yang serunya nih. Ini tutorial kirimkan lamaran yang bener:


1. Daftar ke Akun Elektronik
- Masuk mozilla, masuk ke gmail.com (atau layanan surel lain yang kalian pake).
- Masukkan nama akun dan kata kunci. Pastiin ndak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin surel baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi E-mail Perusahaan
- Double check alamat di surat elektroniknya. Jika salah satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Elektronik
- Ideal: "Lamaran Kerja - Recepssisonist - Dini Aminah"
- Ikutin wujud yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Elektronik (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis dokumen lamaran lantas di body surat elektronik.
- Jangan over panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Kirimkan Surat
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih file yang udah kau siapin tadi.
- Pastiin ukuran totalnya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Lagi Semuanya
- Baca betul isi e-mailnya, cek typo.
- Cek Lagi seluruh file udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan selalu berdoa agar dokumen dibaca sama HRD!


 
Contoh isi Lamaran Kerja


Nah, supaya makin jelas, nih gue kasih figur isi surat elektronik lamaran kerjaan yang bisa kita contek (melainkan disesuaikan ya!):


Daerah
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Sehubungan dengan berita lowongan kerja yang aku baca melewati Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 4 Juni 2019, dengan ini aku:


Pendidikan: Susilo
Lokasi & Tgl. Lahir: Semarang, 12 April 1995
Surat: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Melati, Dusun bangkal, Desa Karang Rejo, Kec. gundi, Kab. Semarang
No. HP: [Nomor HP]


Memiliki maksud untuk melamar pekerjaan sebagai Staff di PT.......
Aku memiliki pengalaman kerja di jabatan administrasi selama 2 tahun dan merajai beraneka aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku lampirkan dokumen berikut:
1. Poin Foto Sertifikat
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pendorong
6. Scan Domisili Saya
7. Scan Domisili TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih detil mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Agus Sastro

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Tetapi Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.
2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang sesuai sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.
3. Jika Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.
4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Sering bantu temen atau keluarga buat baca juga jikalau perlu.
5. Follow Up
- Mesti udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim surat elektronik follow up yang sopan.

 


Alamat yang Surel Terjadi (Dan Jika Dihindari!)


1. Typo di E-mail Model Perusahaan
- Ini nih yang paling tak jarang bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Seharusnya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.
3. Subjek Figur yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau malahan kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang Elektronik
- "Dear Hiring Manager " atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau malahan nggak pake sapaan sama sekali.
5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Semestinya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja melewati surel yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin detil-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malah ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu merupakan peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari informasi lowongan dari bermacam-macam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran seketika atau melewati laman mereka sendiri.


Semoga kiat-kiat Buat Surat Lamaran Kerja Online Gratis tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!