Contoh Lamaran Kerja-Selamat malam teman pencari info lowongan! Semoga selalu semangat ya dalam mencari pekerjaan yang diharapkan. Nah, siang ini aku berharap ngobrol santai bahas topik yang kayaknya mantep banget buat sohib semua: tutorial kirim surat lamaran kerjaan melalui surat elektronik. Udah nggak timingnya lagi nih mengirimkan lamaran pakai amplop dan perangko. Dewasa ini eranya serba canggih, jadi kalian juga sepatutnya pinter-pinter gunain teknologi buat kirimkan proposal kerja. 


Melainkan jangan salah, kirimkan surat melalui surat elektronik itu ada step bu step lho. Banyak yang masih keder gimana tutorial biar file lamaran sobat dibaca sama HR, bukan bahkan nyasar menuju ke email spam. Itu sebabnya, yuk kita bahas tips cermatnya!

 

Contoh Lamaran Kerja


Contoh Lamaran Kerja


Tatacara Sebelum ngirimin surat Lamaran
Sebelum ngebuka notebook dan mulai nulis surel, ada sebagian hal yang sepatutnya kita siapin dahulu nih:


1. Proposal yang Mesti Disiapkan:
- Dipastikan sobat udah nyiapin semua berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang rapi (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran kerja
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Domisili pendorong (seandainya ada)


2. Scan Berkas dengan Bagus
- Nah, segala berkas tadi mesti di-scan dengan mantap. Usahakan walhasil terang dan nggak buram.
- Simpan dalam wujud PDF atau JPEG, tergantung permintaan perusahaan.
- Tip: Simpan dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel sekiranya ingin apply ke daerah lain.


3. Elektronik Figur yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik kalian udah look profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari makai surat elektronik zaman alay kayak "andrecowokcool123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirimin E-mail
- Dikirimkan lamaran di jam kerja, kisaran pukul 10.00 - 14.00
- Dipastikan juga lowongan yang kalian diinginkan masih dibuka.


 
Tutorial Mengirimkan Lamaran lewat Email


Contoh
Oke, sekarang sohib masuk ke bagian yang serunya nih. Ini caranya ngirimin lamaran yang terbaik:


1. Signin ke Akun Surat
- Login browser, akses ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang kita pake).
- Masukkan nama akun dan kata kunci. Pastiin ndak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari tombol buat bikin surel baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Email Perusahaan
- Double check tujuan e-mailnya. Jangan keliru satu huruf atau angka, nanti surel nyasar!


4. Tulis Subjek Surel
- Ideal: "Lamaran Kerja - Recepssisonist - Saraah Manani"
- Ikutin wujud yang dipinta perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surel (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis proposal lamaran segera di body surat elektronik.
- Jangan terlalu panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Sisipkan Surat
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih dokumen yang udah member siapin tadi.
- Dipastikan ukuran finalnya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Balik Semuanya
- Baca betul isi surelnya, cek typo.
- Cek Lagi seluruh dokumen udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar dokumen dibaca sama HRD!

 


 
Figur isi Lamaran Kerjaan

 


Nah, supaya makin faham, nih gue beri teladan isi e-mail lamaran pekerjaan yang dapat kawan contek (tetapi disesuaikan ya!):


Daerah
Yth.
Bapak/Ibu kepala recruitment PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Bersama dengan kabar loker yang aku baca melewati Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 11 Mei 2020, dengan ini aku:


Pengajaran: Agus Sastro
Lokasi & Tgl. Lahir: Malang, 5 Mei 1993
Surat: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Megah, Dusun monreyu, Desa Karang Rejo, Kec. gundi, Kab. Jakarta
No. HP: [Nomor HP]


Memiliki maksud untuk melamar pekerjaan sebagai Staff di PT.......
Aku memiliki pengalaman kerja di posisi teknologi selama 5 tahun dan merajai bermacam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta mempunyai kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku lampirkan berkas berikut:
1. Skor Foto Sertifikat
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penunjang
6. Scan Alamat Aku
7. Scan Alamat TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih rinci mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Rahmat Adi

 

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Tapi Makin Kece

 


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.
2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang pantas sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.
3. Bila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Tetapi jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.
4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kerap bantu temen atau keluarga buat baca juga sekiranya perlu.
5. Follow Up
- Semestinya udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim e-mail follow up yang sopan.

 


Alamat yang Surat Terjadi (Dan Apabila Dihindari!)


1. Typo di Surat Model Perusahaan
- Ini nih yang paling sering kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Harus file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surel.
3. Subjek Model yang Nggak Figur
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.
5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Semestinya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja via surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin mendetail-mendetail kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malah ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu ialah peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari informasi lowongan dari bermacam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran lantas atau via situs mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Contoh Lamaran Kerja tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Template Lamaran Kerja Gratis-Hai para pencari kerja! Semoga tak menyerah ya saat mencari informasi loker yang dicita-citakan. Nah, sore ini mimin berkeinginan ngobrol santai dengan topik yang gw rasa urgent banget buat kawan semua: langkah-langkah kirim file lamaran kerja via surel. Udah nggak timingnya lagi nih kirim lamaran gunakan amplop dan perangko. Kini eranya serba canggih, jadi kalian juga patut pinter-pinter memakai teknologi buat ngirimin surat kerjaan.
Melainkan jangan kliru, kirim file via e-mail itu ada langkah-langkah lho. Banyak yang masih linglung gimana sistem biar berkas lamaran kau dibaca sama HR, bukan bahkan nyasar menuju ke email spam. Itu sebabnya, yuk kita bahas kiat cermatnya!

 

Template Lamaran Kerja Gratis


Template Lamaran Kerja Gratis


Metode Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai merangkai e-mail, ada sebagian hal yang harus sobat siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Sepatutnya Disiapkan:
- Pastiin sohib udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang mantap (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran pekerjaan
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Domisili penyokong (seandainya ada)


2. Scan Proposal dengan Mantap
- Nah, segala file tadi patut di-scan dengan formal. Usahakan akhirnya terang dan nggak buram.
- Simpan dalam wujud PDF atau JPEG, nurut permintaan perusahaan.
- Tip: Simpan dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel apabila ingin apply ke daerah lain.


3. Surel Model yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik sobat udah terlihat profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari makai e-mail zaman puber kayak "donicowokkece123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Pengiriman Surel
- Pengiriman lamaran saat jam kerja, kisaran pukul 09.00 - 12.00
- Pastikan juga kerjaan yang kita didambakan masih dibuka.


 
Step by Step Mengirimkan Lamaran lewat Surel


Figur
Oke, saatnya kawan masuk ke komponen serunya nih. Ini tutorial mengirimkan lamaran yang sesuai:


1. Daftar ke Akun Elektronik
- Login browser, masuk ke gmail.com (atau layanan surat elektronik lain yang member pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata kunci. Pastiin tak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin e-mail baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surat Perusahaan
- Double check tujuan surelnya. Jangan salah satu huruf atau angka, nanti surel nyasar!


4. Tulis Subjek E-mail
- Pas: "Lamaran Kerja - Customer Service Representative - Saraah Manani"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surel (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis dokumen lamaran segera di body surel.
- Jangan sangat panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Kirimkan File
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih file yang udah kita siapin tadi.
- Pastiin ukuran finalnya nggak melebihin dari 2 MB ya.


7. Cek Betul Semuanya
- Baca kembali isi surelnya, cek typo.
- Dipastikan segala proposal udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik tombol 'Kirim' dan jangan lupain berdoa agar proposal dibaca sama HRD!


 
Contoh isi Lamaran Pekerjaan


Nah, supaya makin terang, nih gue beri teladan isi surel lamaran kerjaan yang dapat kalian contek (melainkan disesuaikan ya!):

 


Daerah
Yth.
Bapak/Ibu kepala HRD PT ....
di Daerah


Dengan hormat,
Sehubungan dengan info loker yang aku baca melewati FB Recruitment PT ....... pada tanggal 3 Mei 2019, dengan ini aku:


Pendidikan: Yani Amanda
Daerah & Tgl. Lahir: Madiun, 11 Januari 1993
E-mail: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Mawar, Dusun Cikal Bakal, Desa Sari Anom, Kec. Stabat, Kab. Madiun
No. HP: [Nomor HP]


Memiliki maksud untuk melamar pekerjaan sebagai Staff di PT.......
Aku mempunyai pengalaman kerja di jabatan administrasi selama 2 tahun dan merajai bermacam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta mempunyai kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan pertimbangan, aku berikan dokumen berikut:
1. Nilai Foto Sertifikat
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pensupport
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Alamat TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih detil mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Yani Amanda

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Melainkan Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang pantas sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Seandainya Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kali bantu temen atau keluarga buat baca juga sekiranya perlu.


5. Follow Up
- Seharusnya udah seminggu belum ada informasi, nggak papa kok kirim surat elektronik follow up yang sopan.

 

 


Alamat yang Surel Terjadi (Dan Sekiranya Dihindari!)

 


1. Typo di Elektronik Contoh Perusahaan
- Ini nih yang paling tak jarang bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Patut file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.
3. Subjek Teladan yang Nggak Contoh
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau pun kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang Elektronik
- "Dear Hiring Manager " atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau malahan nggak pake sapaan sama sekali.
5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Sepatutnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja melalui surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin mendetail-rinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu yaitu peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari berita lowongan dari bermacam-macam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran lantas atau via laman mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Template Lamaran Kerja Gratis tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan Inggris

 

Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris-Hai sahabat pencari kerja! Semoga tidak kendur ya saat mencari lowongan yang diharapkan. Nah, liburan ini aku berkeinginan ngobrol santai soal topik yang jelas hype banget buat kalian semua: step bu step kirim berkas lamaran kerjaan melewati surel. Udah nggak waktunya lagi nih mengirimkan lamaran pakai amplop dan perangko. Kini eranya serba canggih, jadi kalian juga semestinya pinter-pinter memakai teknologi buat kirim dokumen kerja.


Namun jangan kliru, kirimkan lamaran melalui e-mail itu ada step bu step lho. Banyak yang masih linglung gimana caranya biar proposal lamaran kawan dibaca sama HR, bukan pun nyasar nyangsang ke email spam. Itu dia, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris


Triknya Sebelum ngelamar Lamaran
Sebelum login notebook dan mulai nulis e-mail, ada sebagian hal yang wajib kalian siapin dahulu nih:


1. Proposal yang Semestinya Disiapkan:
- Pastikan kalian udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang rapi (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran kerjaan
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Alamat pendorong (seandainya ada)


2. Scan Berkas dengan Bagus
- Nah, seluruh file tadi sepatutnya di-scan dengan formal. Usahakan alhasil terang dan nggak buram.
- Simpan dalam bentuk PDF atau JPEG, tergantung permintaan pabrik.
- Tip: Simpan dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel jika berharap apply ke daerah lain.


3. Surel Model yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik kalian udah terlihat profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari penggunaan surat elektronik zaman alay kayak "donicowokcool123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Dikirimkan E-mail
- Dikirimkan lamaran waktu jam kerja, kisaran pukul 09.00 - 15.00
- Pastiin juga loker yang sohib diharapkan masih tersedia.


 
Tutorial Ngirimin Lamaran melewati Surat

 


Figur
Oke, sekarang sohib masuk ke bagian yang serunya nih. Ini tutorial kirimkan lamaran yang sesuai:


1. Daftar ke Akun E-mail
- Signin chrome, akses ke gmail.com (atau layanan surel lain yang sohib pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata kunci. Pastiin ndak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin e-mail baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi E-mail Perusahaan
- Double check domisili e-mailnya. Jangan salah satu huruf atau angka, nanti surel nyasar!


4. Tulis Subjek Surel
- Pas: "Lamaran Pekerjaan - Kasir - Dini Aminah"
- Ikutin bentuk yang dimau perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surat (Body)
- Ini komponen pentingnya! Tulis dokumen lamaran seketika di body e-mail.
- Jangan over panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Upload Surat
- Klik icon 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih proposal yang udah sobat siapin tadi.
- Cek Lagi ukuran semuanya nggak nglibihin dari 2 MB ya.


7. Cek Betul Semuanya
- Baca kembali isi e-mailnya, cek typo.
- Dipastikan segala proposal udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar file dibaca sama H-R!


 
Model isi Lamaran Kerja

 


Nah, biar makin terang, nih gue kasih contoh isi surel lamaran kerjaan yang bisa sohib contek (melainkan disesuaikan ya!):

 


Lokasi
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Sehubungan dengan info lowongan kerja yang aku baca via Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 20 April 2019, dengan ini aku:


Pengajaran: Rahmat Adi
Lokasi & Tgl. Lahir: Karang Rejo, 11 April 1991
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Mawar, Dusun Cikal Bakal, Desa Sukmo Jati, Kec. lakani, Kab. Malang
No. HP: [Nomor HP]


Bertujuan untuk mendaftar sebagai Staff di PT.......
Aku ada pengalaman kerja di jabatan teknik selama 2 tahun dan merajai beragam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan pertimbangan, aku berikan file berikut:
1. Poin Foto Akta
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penunjang
6. Scan Domisili Saya
7. Scan Domisili TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa menerangkan lebih terperinci mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Susilo

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Melainkan Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang sesuai sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Bila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kerap bantu temen atau keluarga buat baca juga sekiranya perlu.


5. Follow Up
- Harus udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim surat elektronik follow up yang sopan.

 


Alamat yang Email Terjadi (Dan Jikalau Dihindari!)


1. Typo di Elektronik Figur Perusahaan
- Ini nih yang paling kerap bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Harus file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian e-mail.


3. Subjek Figur yang Nggak Figur
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Surat
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Mesti ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melalui e-mail yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin rinci-terperinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu yaitu peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari berita lowongan dari pelbagai sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran seketika atau via laman mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Buat Surat Lamaran Online Gratis-Hai-Hai member pencari loker! Mimin harap selalu termotivasi ya sewaktu mencari profesi yang didambakan. Nah, pagi ini mimin berkeinginan ngobrol santai perihal topik yang gw rasa good banget buat member semua: tatacara kirim surat lamaran kerjaan melewati surat elektronik. Udah nggak timingnya lagi nih kirim lamaran pakai amplop dan perangko. Saat ini eranya serba milennial, jadi sohib juga sepatutnya pinter-pinter mengolah teknologi buat mengirimkan file kerja.

 

Buat Surat Lamaran Online Gratis


Melainkan jangan salah, kirim proposal melewati surel itu ada persiapan lho. Banyak yang masih kebingungan gimana tutorial biar proposal lamaran kau dibaca sama HRD, bukan malahan nyasar nyampai ke folder spam. Makanya, yuk kita bahas kiat akuratnya!

 


Buat Surat Lamaran Online Gratis

 


Step bu Step Sebelum ngirimin surat Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai merangkai surel, ada sebagian hal yang semestinya kau siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Semestinya Disiapkan:
- Pastiin kita udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang bagus (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran pekerjaan
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Alamat penyokong (seandainya ada)


2. Scan Dokumen dengan Formal
- Nah, seluruh proposal tadi wajib di-scan dengan bagus. Usahakan walhasil terang dan nggak buram.
- Simpan dalam bentuk PDF atau JPEG, ikut permintaan PT.
- Tip: Simpan dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel bila berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Surat Model yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik kau udah terlihat profesional belum?
- Nama Pas yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari makai surat elektronik zaman puber kayak "antoncowokgood123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Dikirimkan Surel
- Pengiriman lamaran ketika jam kerja, sekitar pukul 09.00 - 14.00
- Dipastikan juga loker yang sohib sesuai masih ada.


 
Step by Step Mengirimkan Lamaran lewat Surel

 


Figur
Oke, kini member masuk ke point serunya nih. Ini sistem ngirimin lamaran yang bener:


1. Login ke Akun E-mail
- Masuk aplikasi, akses ke gmail.com (atau layanan surel lain yang kita pake).
- Masukkan nama akun dan kata sandi. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin surat elektronik baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surat Perusahaan
- Double check tujuan surat elektroniknya. Jangan keliru satu huruf atau angka, nanti surel nyasar!


4. Tulis Subjek Surel
- Tepat: "Lamaran Pekerjaan - Bendahara - Saraah Manani"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi E-mail (Body)
- Ini point pentingnya! Tulis dokumen lamaran segera di body surat elektronik.
- Jangan terlalu panjang, yang penting padat dan menarik.


6. Sisipkan Surat
- Klik tombol 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih proposal yang udah kita siapin tadi.
- Cek Lagi ukuran finalnya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Ulang Semuanya
- Baca betul isi surelnya, cek typo.
- Cek Lagi segala lampiran udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik tombol 'Kirim' dan jangan lupain berdoa agar proposal dibaca sama recruitment!


 
Model isi Lamaran Kerja


Nah, biar makin jelas, nih gue beri model isi surel lamaran pekerjaan yang bisa kita contek (tetapi disesuaikan ya!):

 


Lokasi
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Daerah


Dengan hormat,
Sehubungan dengan info loker yang aku baca via Surat Kabar Recruitment PT ....... pada tanggal 12 Maret 2021, dengan ini aku:


Pendidikan: Rahmat Adi
Tempat & Tgl. Lahir: Jakarta, 20 Mei 1991
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Melati, Dusun mindu, Desa Sari Anom, Kec. Stabat, Kab. Semarang
No. HP: [Nomor HP]


Berniat untuk mendaftar sebagai Staff di PT.......
Saya ada pengalaman kerja di bidang administrasi selama 7 tahun dan merajai pelbagai aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan penilaian, aku cantumkan dokumen berikut:
1. Skor Foto Akta
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penunjang
6. Scan Alamat Aku
7. Scan Domisili TOEFL


Saya ingin Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih detil mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Yani Amanda

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Tetapi Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin segala skill yang nggak ada hubungannya.


3. Bila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Sering bantu temen atau keluarga buat baca juga jika perlu.


5. Follow Up
- Harus udah seminggu belum ada info, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 

 


Domisili yang Elektronik Terjadi (Dan Kalau Dihindari!)

 


1. Typo di Elektronik Model Perusahaan
- Ini nih yang paling sering kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Semestinya file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian e-mail.


3. Subjek Figur yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau pun kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau malahan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Seharusnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja melalui e-mail yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-rinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu ialah kans buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari isu lowongan dari pelbagai sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran segera atau melewati situs mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Buat Surat Lamaran Online Gratis tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Berkas Lamaran Kerja Lengkap-Hai-Hai sahabat pencari informasi loker! Admin selalu berdoa selalu termotivasi ya dalam mencari lowongan yang didambakan. Nah, sore ini admin berkeinginan ngobrol santai mengenai topik yang mungkin mantep banget buat kalian semua: langkah-langkah kirim berkas lamaran kerja melewati surel. Udah nggak waktunya lagi nih kirim lamaran gunakan amplop dan perangko. Kini eranya serba milennial, jadi kalian juga mesti pinter-pinter memakai teknologi buat kirimkan proposal kerja.


Tetapi jangan salah tafsir, ngirimin file melalui surat elektronik itu ada step bu step lho. Banyak yang masih linglung gimana langkah-langkah biar surat lamaran kau dibaca sama Recruitmrnt, bukan bahkan nyasar nyampai ke folder spam. Itu sebabnya, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Berkas Lamaran Kerja Lengkap

Berkas Lamaran Kerja Lengkap

 


Sistem Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai merangkai surat elektronik, ada sebagian hal yang semestinya member siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Mesti Disiapkan:
- Pastikan kita udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang mantap (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran pekerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Alamat pensupport (sekiranya ada)


2. Scan Berkas dengan Formal
- Nah, seluruh berkas tadi semestinya di-scan dengan mantap. Usahakan akibatnya terang dan nggak buram.
- Save dalam wujud PDF atau JPEG, ikuti permintaan PT.
- Tip: Save dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel bila berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Surel Figur yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surel sobat udah nampak profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari makai surat elektronik zaman alay kayak "donicowokkece123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirim Elektronik
- Dikirimkan lamaran waktu jam kerja, kira-kira pukul 09.00 - 12.00
- Dipastikan juga lowongan yang sobat didambakan masih tersedia.


 
Step by Step Kirimkan Lamaran melalui Surat


Contoh
Oke, saatnya kau masuk ke komponen serunya nih. Ini metode kirimkan lamaran yang terbaik:


1. Login ke Akun Surat
- Login aplikasi, masuk ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang sohib pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata kunci. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin e-mail baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surel Perusahaan
- Double check tujuan surelnya. Jika salah satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Surat
- Tepat: "Lamaran Pekerjaan - Admin - Andinda Dwi Yati"
- Ikutin wujud yang dipinta perusahaan ya.


5. Tulis Isi Elektronik (Body)
- Ini point pentingnya! Tulis dokumen lamaran seketika di body surat elektronik.
- Jangan sangat panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Lampirkan Proposal
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih surat yang udah kalian siapin tadi.
- Pastiin ukuran semuanya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Lagi Semuanya
- Baca lagi isi e-mailnya, cek typo.
- Cek Lagi segala dokumen udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan selalu berdoa agar dokumen dibaca sama personalia!


 
Teladan isi Lamaran Pekerjaan


Nah, biar makin terang, nih gue beri contoh isi e-mail lamaran kerja yang bisa member contek (melainkan disesuaikan ya!):

 


Tempat
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Daerah


Dengan hormat,
Sehubungan dengan berita lowongan kerja yang aku baca lewat Kantor Pos Recruitment PT ....... pada tanggal 20 Mei 2020, dengan ini aku:
Pengajaran: Agus Sastro
Lokasi & Tgl. Lahir: Madiun, 20 Februari 1996
Surat: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Pendawa, Dusun Cikal Bakal, Desa Karang Ampal, Kec. tarakan, Kab. Cirebon
No. HP: [Nomor HP]


Bertujuan untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Aku ada pengalaman kerja di posisi teknologi selama 4 tahun dan merajai bermacam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta ada kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku cantumkan berkas berikut:


1. Poin Foto Sertifikat
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pendorong
6. Scan Alamat Aku
7. Scan Domisili TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa menerangkan lebih mendetail mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Agus Sastro

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Tetapi Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang pantas sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Jika Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kerap bantu temen atau keluarga buat baca juga jika perlu.


5. Follow Up
- Semestinya udah seminggu belum ada info, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 


Domisili yang Elektronik Terjadi (Dan Bila Dihindari!)


1. Typo di Surel Contoh Perusahaan
- Ini nih yang paling acap kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Harus file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.


3. Subjek Model yang Nggak Model
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau pun kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Surel
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Patut ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melalui surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin rinci-terperinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu ialah kans buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari kabar lowongan dari beraneka sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran segera atau via web mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Berkas Lamaran Kerja Lengkap tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan asa. Aamiin!

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan-Hollaaa kawan pencari loker! Mimin harap tak putus asa ya sewaktu mencari info lowongan yang diinginkan. Nah, siang ini mimin ingin ngobrol santai perihal topik yang pasti good banget buat sohib semua: tatacara kirim file lamaran kerjaan melalui surat elektronik. Udah nggak waktunya lagi nih ngirimin lamaran pakai amplop dan perangko. Kini eranya serba canggih, jadi sohib juga mesti pinter-pinter mengolah teknologi buat kirim dokumen kerjaan.


Namun jangan kliru, ngirimin lamaran melewati e-mail itu ada triknya lho. Banyak yang masih linglung gimana metode biar proposal lamaran kalian dibaca sama Recruitmrnt, bukan pun nyasar menuju ke folder spam. Oleh karena itu, yuk kita bahas kiat cermatnya!

 


Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Metode Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum ngebuka komputer jinjing dan mulai nulis surel, ada sebagian hal yang wajib kau siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Semestinya Disiapkan:
- Pastikan member udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Umumnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang mantap (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran kerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Domisili pendorong (bila ada)


2. Scan Berkas dengan Bagus
- Nah, seluruh proposal tadi patut di-scan dengan mantap. Usahakan alhasil terang dan nggak buram.
- Simpan dalam bentuk PDF atau JPEG, tergantung permintaan pabrik.
- Tip: Simpan dalam dua bentuk sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel bila berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Email Contoh yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili e-mail kita udah look profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari penggunaan surel zaman bocah kayak "donicowokganteng123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Pengiriman Surel
- Poskan lamaran waktu jam kerja, kira-kira pukul 09.00 - 15.00
- Dipastikan juga posisi yang kita sesuai masih tersedia.


 
Caranya Kirimkan Lamaran lewat E-mail


Figur
Oke, waktunya sohib masuk ke bagian yang serunya nih. Ini tatacara kirim lamaran yang bener:


1. Daftar ke Akun Email
- Signin mozilla, masuk ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang sobat pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata sandi. Pastiin tak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari tombol buat bikin surat elektronik baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi E-mail Perusahaan
- Double check alamat di e-mailnya. Jika keliru satu huruf atau angka, nanti surel nyasar!


4. Tulis Subjek Email
- Tepat: "Lamaran Kerja - Bendahara - Andinda Dwi Yati"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Email (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis file lamaran seketika di body surat elektronik.
- Jangan sangat panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Kirimkan Surat
- Klik tombol 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih proposal yang udah sohib siapin tadi.
- Dipastikan ukuran finalnya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Ulang Semuanya
- Baca ulang isi surat elektroniknya, cek typo.
- Dipastikan segala lampiran udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan jangan lupain berdoa agar surat dibaca sama recruitment!


 
Model isi Lamaran Pekerjaan


Nah, biar makin terang, nih gue kasih model isi surel lamaran kerja yang dapat sohib contek (namun disesuaikan ya!):

 


Lokasi
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Lokasi


Dengan hormat,
Bersama dengan informasi loker yang aku baca via Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 5 Maret 2023, dengan ini aku:


Pendidikan: Yani Amanda
Tempat & Tgl. Lahir: Surabaya, 12 Maret 1993
E-mail: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Mawar, Dusun Cikal Bakal, Desa Karang Rejo, Kec. Ruma, Kab. Jakarta
No. HP: [Nomor HP]


Bermaksud untuk mendaftar sebagai Staff di PT.......
Saya ada pengalaman kerja di jabatan teknik selama 6 tahun dan merajai bermacam-macam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta mempunyai kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan pertimbangan, aku berikan berkas berikut:
1. Skor Foto Sertifikat
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pendorong
6. Scan Alamat Aku
7. Scan Domisili TOEFL


Saya berkeinginan Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih rinci mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Andi Syahputra

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Namun Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang sesuai sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Bila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kali bantu temen atau keluarga buat baca juga jika perlu.


5. Follow Up
- Semestinya udah seminggu belum ada info, nggak papa kok kirim surat elektronik follow up yang sopan.

 


Domisili yang Surel Terjadi (Dan Apabila Dihindari!)


1. Typo di Email Model Perusahaan
- Ini nih yang paling acap kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Wajib file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.


3. Subjek Contoh yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Harus ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 



Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja via surat elektronik yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-rinci kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu yakni peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari informasi lowongan dari berjenis-jenis sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyukai terima lamaran segera atau melalui situs mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan asa. Aamiin!

Cara Buat Lamaran Kerja Pdf-Hai-Hai pejuang pencari informasi loker! Admin selalu berdoa semangat terus ya sewaktu mencari kerja yang sesuai. Nah, sore ini aku berkeinginan ngobrol santai bahas topik yang pasti penting banget buat kawan semua: sistem kirim surat lamaran kerja melalui surat elektronik. Udah nggak masanya lagi nih kirimkan lamaran gunakan amplop dan perangko. Dewasa ini eranya serba modern, jadi sohib juga mesti pinter-pinter manfaatin teknologi buat ngirimin surat kerja.


Melainkan jangan salah, kirim lamaran melewati surat elektronik itu ada tatacara lho. Banyak yang masih keder gimana sistem biar berkas lamaran sohib dibaca sama Recruitmrnt, bukan pun nyasar menuju ke email spam. Makanya, yuk kita bahas kiat akuratnya!

 

Cara Buat Lamaran Kerja Pdf

 


Cara Buat Lamaran Kerja Pdf


Tatacara Sebelum ngirimin surat Lamaran
Sebelum ngebuka notebook dan mulai ngetik surat elektronik, ada sebagian hal yang semestinya member siapin dahulu nih:


1. File yang Seharusnya Disiapkan:
- Dipastikan kawan udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang mantap (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Sertifikat lamaran pekerjaan
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Alamat pendorong (bila ada)


2. Scan File dengan Rapi
- Nah, seluruh berkas tadi semestinya di-scan dengan bagus. Usahakan walhasil terang dan nggak buram.
- Simpan dalam wujud PDF atau JPEG, mengikuti permintaan PT.
- Tip: Save dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel sekiranya berharap apply ke daerah lain.


3. Surel Contoh yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili e-mail kau udah kedengeran profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari makai surel zaman SMA kayak "antoncowokgood123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Dikirimkan Surat
- Poskan lamaran pada jam kerja, sekitar pukul 09.00 - 13.00
- Pastiin juga posisi yang sohib sesuai masih tersedia.


 
Metode Ngirimin Lamaran melalui Surel


Contoh
Oke, sekarang kau masuk ke point serunya nih. Ini metode ngirimin lamaran yang terbaik:


1. Login ke Akun Surat
- Masuk chrome, masuk ke gmail.com (atau layanan surel lain yang sohib pake).
- Masukkan nama akun dan kata kunci. Pastiin nggak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari tombol buat bikin e-mail baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Email Perusahaan
- Double check alamat di e-mailnya. Jika salah satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Elektronik
- Ideal: "Lamaran Kerja - Manager - Mulyanti"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surat (Body)
- Ini point pentingnya! Tulis surat lamaran lantas di body e-mail.
- Jangan over panjang, yang penting padat dan menarik.


6. Kirimkan Surat
- Klik gambar 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih dokumen yang udah kawan siapin tadi.
- Pastiin ukuran finalnya nggak melebihin dari 2 MB ya.


7. Cek Balik Semuanya
- Baca lagi isi surat elektroniknya, cek typo.
- Cek Lagi seluruh proposal udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik gambar 'Kirim' dan jangan lupa berdoa agar proposal dibaca sama HRD!


 
Model isi Lamaran Pekerjaan


Nah, supaya makin terang, nih gue beri contoh isi e-mail lamaran kerjaan yang bisa kau contek (tetapi disesuaikan ya!):

 


Daerah
Yth.
Bapak/Ibu kepala HRD PT ....
di Lokasi


Dengan hormat,
Sehubungan dengan berita loker yang aku baca via Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 5 Maret 2022, dengan ini aku:


Pendidikan: Susilo
Tempat & Tgl. Lahir: Jakarta, 11 Maret 1995
E-mail: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Sukma, Dusun Cikal Bakal, Desa Sukmo Jati, Kec. gundi, Kab. Karang Rejo
No. HP: [Nomor HP]


Bertujuan untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Aku ada pengalaman kerja di posisi manager selama 5 tahun dan merajai bermacam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta mempunyai kesanggupan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan pertimbangan, aku kirimkan dokumen berikut:
1. Skor Foto Sertifikat
2. CV
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pensupport
6. Scan Alamat Saya
7. Scan Domisili TOEFL


Saya berkeinginan Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa menerangkan lebih mendetail mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Andi Syahputra

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Namun Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat seluruh perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang sesuai sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Apabila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Melainkan jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Sering bantu temen atau keluarga buat baca juga jika perlu.


5. Follow Up
- Seharusnya udah seminggu belum ada info, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 


Domisili yang Email Terjadi (Dan Kalau Dihindari!)


1. Typo di Surel Figur Perusahaan
- Ini nih yang paling acap kali bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Patut file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surat elektronik.


3. Subjek Figur yang Nggak Contoh
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau bahkan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Sepatutnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.

 



Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja melewati e-mail yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malah ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu ialah peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!


Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari isu lowongan dari bermacam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran segera atau melalui web mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Cara Buat Lamaran Kerja Pdf tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Di Hp-Selamat malam teman pencari informasi loker! Mimin harap semangat terus ya ketika mencari info lowongan yang sesuai. Nah, malam ini gue berharap ngobrol santai mengenai topik yang jelas mantep banget buat kawan semua: langkah-langkah kirim file lamaran kerjaan melalui e-mail. Udah nggak waktunya lagi nih kirim lamaran pakai amplop dan perangko. Dewasa ini eranya serba milennial, jadi kita juga patut pinter-pinter memakai teknologi buat kirimkan proposal kerja.


Namun jangan salah, kirim file melewati e-mail itu ada sistem lho. Banyak yang masih linglung gimana tatacara biar file lamaran kita dibaca sama HR, bukan malahan nyasar nyangsang ke folder spam. Makanya, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Di Hp


Langkah-Langkah Sebelum ngelamar Lamaran


Sebelum ngebuka komputer jinjing dan mulai merangkai surel, ada sebagian hal yang semestinya kita siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Sepatutnya Disiapkan:
- Pastikan kalian udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terupdate yang formal (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran kerja
- Daftar riwayat hidup
- Scan ijazah dan transkrip poin
- Alamat pensupport (jikalau ada)


2. Scan Proposal dengan Rapi
- Nah, segala berkas tadi sepatutnya di-scan dengan rapi. Usahakan alhasil terang dan nggak buram.
- Save dalam wujud PDF atau JPEG, ikuti permintaan pabrik.
- Tip: Save dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG) biar fleksibel jika berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Email Model yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik sohib udah look profesional belum?
- Nama Tepat yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari pemakaian surat elektronik zaman alay kayak "ahsancowokgood123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Kirim Email
- Dikirimkan lamaran pada jam kerja, sekitaran pukul 10.00 - 12.00
- Pastikan juga kerjaan yang member diinginkan masih tersedia.


 
Metode Kirim Lamaran melalui Surat



Oke, saatnya sohib masuk ke komponen serunya nih. Ini caranya kirimkan lamaran yang sesuai:


1. Daftar ke Akun Elektronik
- Login mozilla, masuk ke gmail.com (atau layanan surel lain yang kau pake).
- Masukkan nama akun dan kata kunci. Pastiin tak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari gambar buat bikin surel baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Elektronik Perusahaan
- Double check tujuan e-mailnya. Jangan keliru satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Surat
- Pas: "Lamaran Pekerjaan - Recepssisonist - Saraah Manani"
- Ikutin wujud yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi E-mail (Body)
- Ini komponen pentingnya! Tulis dokumen lamaran seketika di body surel.
- Jangan over panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Upload Surat
- Klik tanda 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih proposal yang udah kau siapin tadi.
- Pastiin ukuran finalnya nggak nglibihin dari 2 MB ya.


7. Cek Betul Semuanya
- Baca ulang isi surat elektroniknya, cek typo.
- Cek Lagi segala file udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar dokumen dibaca sama personalia!


 
Contoh isi Lamaran Kerja


Nah, biar makin faham, nih gue beri teladan isi e-mail lamaran pekerjaan yang dapat member contek (tetapi disesuaikan ya!):

 


Tempat
Yth.
Bapak/Ibu kepala recruitment PT ....
di Lokasi


Dengan hormat,
Bersama dengan informasi lowongan kerja yang aku baca via Instagram Recruitment PT ....... pada tanggal 12 Februari 2022, dengan ini aku:


Pengajaran: Susilo
Daerah & Tgl. Lahir: Malang, 11 April 1994
E-mail: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Melati, Dusun Cimangkai, Desa Sukmo Jati, Kec. lakani, Kab. Malang
No. HP: [Nomor HP]


Memiliki maksud untuk melamar kerja sebagai Staff di PT.......
Aku mempunyai pengalaman kerja di bidang manager selama 5 tahun dan merajai beragam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Sebagai bahan penilaian, aku cantumkan dokumen berikut:
1. Poin Foto Akta
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pensupport
6. Scan Alamat Saya
7. Scan Domisili TOEFL


Saya ingin Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih terperinci mengenai potensi yang aku miliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Rahmat Adi

 


Gunakan Tambahan Biar Lamaran Namun Makin Kece


1. Personalisasi Akta Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang layak sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Apabila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Tetapi jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kerap bantu temen atau keluarga buat baca juga bila perlu.


5. Follow Up
- Seharusnya udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim e-mail follow up yang sopan.

 


Alamat yang Elektronik Terjadi (Dan Apabila Dihindari!)


1. Typo di Email Contoh Perusahaan
- Ini nih yang paling kerap bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Harus file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian e-mail.


3. Subjek Teladan yang Nggak Teladan
- Jangan hanya tulis "Lamaran " atau malahan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Surat
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai " atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Wajib ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 



Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan sistem kirim lamaran kerja melewati surel yang bener? Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin terperinci-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau pun ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap-tiap lamaran yang kau kirim itu yakni peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang bermutu, dan yakin deh kesempatan kau buat dipanggil interview bakal lebih gede!

 

 

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Di Hp
Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari kabar lowongan dari beragam sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran segera atau via situs mereka sendiri.
Semoga kiat-kiat Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Di Hp tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan cita-cita. Aamiin!

Nah, sore ini aku berharap ngobrol santai mengenai topik yang pasti hype banget buat sobat semua: tatacara kirim berkas pekerjaan melewati surel. Udah nggak masanya lagi nih ngirimin lamaran gunakan amplop dan perangko. ga semestinya pinter-pinter memakai teknologi buat ngirimin surat kerja.


Tetapi jangan salah, ngirimin surat melewati surat elektronik itu ada step bu step lho. Banyak yang masih linglung gimana langkah-langkah biar proposal lamaran kawan dibaca sama HR, bukan pun nyasar nyangsang ke email spam. Oleh karena itu, yuk kita bahas tips akuratnya!

 


Cara Membuat Lamaran Kerja Di Pt

Cara Membuat Lamaran Kerja Di PT

 


Triknya Sebelum kirimkan proposal Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai merangkai surat elektronik, ada sebagian hal yang semestinya member siapin dahulu nih:


1. Proposal yang Semestinya Disiapkan:
- Pastikan kawan udah nyiapin segala berkas yang dipinta perusahaan ya. Lazimnya sih paling nggak, ada:
- Foto terkini yang rapi (jangan selfie ya!)
- Scan KTP
- Akta lamaran kerjaan
- CV
- Scan ijazah dan transkrip skor
- Domisili penyokong (bila ada)


2. Scan Dokumen dengan Bagus - Nah , seluruh berkas tadi
wajib di-scan dengan formal. ) biar fleksibel jika ingin apply ke daerah lain.
 


3. Email Contoh yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surat elektronik member udah kedengeran profesional belum?
- Nama Ideal yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari gunakan surel zaman puber kayak "andrecowokkece123@yahoo.com" ya!


4. Waktu Pengiriman Email
- Dikirimkan lamaran ketika jam kerja, kira-kira pukul 10.00 - 15.00
- Dipastikan juga lowongan yang kalian sesuai masih dibuka.


 
Caranya Kirim Lamaran lewat Surat


Teladan
Oke, kini kau masuk ke bagian yang serunya nih. Ini step bu step kirim lamaran yang sesuai:


1. Login ke Akun Elektronik
- Login aplikasi, akses ke gmail.com (atau layanan e-mail lain yang sobat pake).
- Masukkan nama akun dan kata kunci. Pastiin tak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari tombol buat bikin e-mail baru. Umumnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi E-mail Perusahaan
- Double check alamat di surelnya. Jika keliru satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Surat
- Tepat: "Lamaran Pekerjaan - Bendahara - Mulyanti"
- Ikutin wujud yang dipinta perusahaan ya.


5. Tulis Isi Surat (Body)
- Ini komponen pentingnya! Tulis dokumen lamaran seketika di body surat elektronik.
- Jangan over panjang, yang penting terang dan menarik.


6. Upload Dokumen
- Klik icon 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih file yang udah sobat siapin tadi.
- Cek Lagi ukuran semuanya nggak melebihin dari 2 MB ya.


7. Cek Kembali Semuanya
- Baca ulang isi surelnya, cek typo.
- Dipastikan segala proposal udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik icon 'Kirim' dan tak boleh berdoa agar dokumen dibaca sama HRD!


 
Model isi Lamaran Pekerjaan


Nah, supaya makin jelas, nih gue kasih model isi e-mail lamaran kerja yang dapat member contek (tetapi disesuaikan ya!):

 


Lokasi
Yth.
Bapak/Ibu kepala recruitment PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Sehubungan dengan info loker yang aku baca melewati FB Recruitment PT ....... pada tanggal 2 April 2019, dengan ini aku:


Pendidikan: Agus Sastro
Tempat & Tgl. Lahir: Jakarta, 20 Mei 1990
Elektronik: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Lokasi lengkap: Jl. Pendawa, Dusun mindu, Desa Sari Anom, Kec. gundi, Kab . Surabaya
No. HP: [Nomor HP]


Berniat untuk melamar pekerjaan sebagai Staff di PT
.


Untuk bahan pertimbangan, aku berikan file berikut:
1. Poin Foto Sertifikat
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Pendukung
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Domisili TOEFL


Saya berkeinginan Bapak/Ibu berkenan memberikan peluang wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih detil mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormataku,
Yani Amanda

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Namun Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang pantas sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Jika Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Tak bantu temen atau keluarga buat baca juga bila perlu.


5. Follow Up
- Harus udah seminggu belum ada informasi, nggak papa kok kirim surel follow up yang sopan.

 


Alamat yang Email Terjadi (Dan Jika Dihindari!)


1. Typo di E-mail Model Perusahaan
- Ini nih yang paling tak jarang bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!


2. File Lampiran Terlalu Besar
- Harus file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian e-mail.


3. Subjek Figur yang Nggak Figur
- Jangan hanya tulis "Lamaran" atau malahan kosongin subjeknya.


4. Nggak Pake Sapaan yang Email
- "Dear Hiring Manager " atau "Tempat Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai" atau bahkan nggak pake sapaan sama sekali.


5. Ngirim di Luar Jam Kerja
- Seharusnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam tepat Senin pagi.

 



Intinya sih, persiapan yang mateng dan perhatiin mendetail-detil kecil dapat ngebuat lamaran kau stand out di antara ratusan atau malahan ribuan pelamar lainnya.


Ingat ya, tiap lamaran yang kau kirim itu yaitu peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan. Luangin waktu buat nyiapin lamaran yang berkwalitas, dan yakin deh kans kau buat dipanggil interview bakal lebih gede !



Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online, tetep jaga networking dan cari kabar lowongan dari bermacam sumber ya. Pt tadi berkhasiat buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat!

Contoh Cv Bahasa Inggris Tulis Tangan

 

 

Contoh Cv Bahasa Inggris Tulis Tangan-Salam pencaker pejuang pencari pekerjaan! Admin selalu berdoa tidak kendur ya sewaktu mencari kerja yang diharapkan. Nah, liburan ini admin berharap ngobrol santai perihal topik yang pasti good banget buat member semua: tutorial kirim proposal lamaran pekerjaan via e -mail. Udah nggak masanya lagi nih ngirimin lamaran pakai amplop dan perangko. Saat ini eranya serba modern, jadi kita juga mesti pinter-pinter menggunakan teknologi buat kirim dokumen kerjaan.


Melainkan jangan kliru, ngirimin proposal melewati e-mail itu ada tatacara lho. Banyak yang masih keder gimana step bu step biar file lamaran sohib dibaca sama HRD, bukan malahan nyasar menuju ke folder spam. Makanya, yuk kita bahas tips cermatnya!

 


Contoh Cv Bahasa Inggris Tulis Tangan

 

 


Metode Sebelum mengirimkan file Lamaran
Sebelum akses komputer jinjing dan mulai ngetik surat elektronik, ada sebagian hal yang patut kau siapin dahulu nih:


1. Dokumen yang Harus Disiapkan: - Dipastikan
sobat udah nyiapin seluruh berkas yang dipinta perusahaan
ya . ijazah dan transkrip poin - Domisili penyokong (seandainya ada)



 


2. Scan Proposal dengan Formal
- Nah, seluruh file tadi wajib di-scan dengan mantap. Usahakan akibatnya terang dan nggak buram.
- Save dalam wujud PDF atau JPEG, tergantung permintaan perusahaan.
- Tip: Save dalam dua wujud sekaligus (PDF dan JPEG ) biar fleksibel jikalau berkeinginan apply ke daerah lain.


3. Elektronik Teladan yang Profesional
- Cek lagi nih, domisili surel sohib udah kedengeran profesional belum?
- Nama Ideal yang baik: namakamu@gmail.com
- Hindari makai e-mail zaman bocah kayak "antoncowokganteng123@yahoo.com" ya!
4. Waktu Kirimin Surel


- Dikirimkan lamaran pada jam kerja, kisaran pukul 10.00 - 12.00
- Pastikan juga loker yang member didambakan masih ada.
 


Metode Ngirimin Lamaran melalui Email


Oke, waktunya kalian masuk ke komponen serunya nih. Ini tatacara ngirimin lamaran yang baik:


1. Login ke Akun E-mail
- Signin mozilla, akses ke gmail.com (atau layanan surat elektronik lain yang sobat pake).
- Masukkan nama pengguna dan kata sandi. Pastiin ndak salah ketik ya!


2. Klik 'Compose' atau 'Tulis'
- Cari icon buat bikin surat elektronik baru. Lazimnya ada di pojok kiri atas.


3. Isi Surel Perusahaan
- Double check domisili surat elektroniknya. Sampai salah satu huruf atau angka, nanti e-mail nyasar!


4. Tulis Subjek Email
- Tepat: "Lamaran Pekerjaan - Manager - Saraah Manani"
- Ikutin bentuk yang diinstruksikan perusahaan ya.


5. Tulis Isi E-mail (Body)
- Ini bagian pentingnya! Tulis file lamaran segera di body surat elektronik.
- Jangan sangat panjang, yang penting jelas dan menarik.


6. Upload Surat
- Klik tombol 'attach' atau 'lampirkan'.
- Pilih dokumen yang udah sohib siapin tadi.
- Cek Lagi ukuran totalnya nggak lebih dari dari 2 MB ya.


7. Cek Kembali Semuanya
- Baca lagi isi e-mailnya, cek typo.
- Dipastikan seluruh dokumen udah bener.


8. Kirim dan Berdoa
- Klik tombol 'Kirim' dan selalu berdoa agar file dibaca sama personalia!


 
Contoh isi Lamaran Kerja


Nah, supaya makin mudeng, nih gue beri model isi e-mail lamaran kerja yang dapat sobat contek (tetapi disesuaikan ya!):

 


Tempat
Yth.
Bapak/Ibu kepala H-R PT ....
di Tempat


Dengan hormat,
Bersama dengan kabar loker yang aku baca via Surat Kabar Recruitment PT ....... pada tanggal 3 Februari 2022, dengan ini aku:


Pengajaran: Agus Sastro
Tempat & Tgl. Lahir: Jakarta, 5 Januari 1991
Email: D3 Teknik Elektro - Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan (IPK 3.42)
Alamat lengkap: Jl. Melati, Dusun bangkal, Desa Karang Ampal, Kec. gundi, Kab. Semarang
No. HP: [Nomor HP]


Bertujuan untuk mendaftar sebagai Staff di PT.......
Aku ada pengalaman kerja di jabatan teknologi selama 7 tahun dan merajai bermacam aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Office, serta memiliki kecakapan di bidang IT dan komputerisasi marketing.


Untuk bahan pertimbangan, aku berikan dokumen berikut:


1. Poin Foto Akta
2. Curriculum Vitae
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah
5. Scan Transkrip Penyokong
6. Scan Domisili Aku
7. Scan Domisili TOEFL


Saya mau Bapak/Ibu berkenan memberikan kans wawancara terhadap aku supaya bisa membeberkan lebih detil mengenai potensi yang aku miliki.


Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima beri.


Hormat aku,
Andi Syahputra

 


Pakai Tambahan Biar Lamaran Tapi Makin Kece


1. Personalisasi Sertifikat Lamaran
- Jangan pake template yang sama buat segala perusahaan. Sesuaiin isi surat dengan jobdesk dan company profile-nya.


2. Highlight Skill yang Relevan
- Sebutin skill dan pengalaman yang sesuai sama posisi yang kau lamar. Nggak perlu sebutin seluruh skill yang nggak ada hubungannya.


3. Bila Bahasa yang Profesional
- Hindari bahasa gaul atau singkatan yang nggak baku. Namun jangan juga terlalu kaku, tetep alami aja.


4. Proofread, Proofread, Proofread!
- Baca ulang minimal 3 kali sebelum ngirim. Kerap bantu temen atau keluarga buat baca juga sekiranya perlu.


5. Follow Up
- Sepatutnya udah seminggu belum ada isu, nggak papa kok kirim e-mail follow up yang sopan.

 


Alamat yang Elektronik Terjadi (Dan Kalau Dihindari!)


1. Typo di E-mail Contoh Perusahaan
- Ini nih yang paling tak jarang bikin lamaran nggak nyampe. Double check lagi ya!
2. File Lampiran Terlalu Besar
- Mesti file-nya gede, dapat di-compress dahulu atau dipisah jadi sebagian surel.
3. Subjek Teladan yang Nggak Contoh
- Jangan hanya tulis "Lamaran" atau malahan kosongin subjeknya.
4. Nggak Pake Sapaan yang E-mail
- "Dear Hiring Manager" atau "Daerah Yth. Bapak/Ibu HRD " lebih bagus ketimbang "Hai" 5. Ngirim
di Luar Jam Kerja
- Seharusnya ngirim malem-malem atau weekend, kemungkinan besar emailnya karam ideal Senin pagi.


Penutup
Nah, gimana sob? Udah lebih terang kan metode kirim lamaran kerja melewati e-mail yang bener
? , tiap lamaran yang kau kirim itu ialah peluang buat bikin first impression yang baik ke calon employer. Jadi, jangan dianggap remeh dan asal-asalan.



Oh iya, satu lagi nih. udah ngirim lamaran online , tetep jaga networking dan cari isu lowongan dari pelbagai sumber ya. Kadang ada juga lho perusahaan yang lebih menyenangi terima lamaran segera atau melewati web mereka sendiri. Tangan tadi berguna buat kau. Tetep motivasi dalam mencari kerja, dan jangan lupa senantiasa tingkatkan skill kau biar makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Good luck ya sobat! Semoga cepet dapet panggilan interview dan keterima di perusahaan hasrat. Aamiin!